Palembang, Sumseltoday.com – Usai sudah rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2020 TA 2021 di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan yang digelar sejak 24 Maret 2021. Seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis Sumatera Selatan telah mengikuti kegiatan itu secara totalitas dan aktif. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Indro Purwoko menutup secara resmi gelaran tersebut, Jumat (26/3).

Dalam arahannya Kakanwil mengajak peserta agar dapat mengimplementasikan ilmu dan pemahaman yang didapat serta mentrasfernya ke seluruh pegawai di satuan kerja masing-masing. “Kegiatan ini bukan semata-mata menjadi ajang untuk unjuk prestasi, namun lebih kepada bagaimana kita bisa mengevaluasi diri dan mengetahui apa saja yang menjadi kelemahan serta kendala dalam pencapaian sasaran program yang telah ditetapkan, sehingga dapat disusun strategi dan upaya yang lebih baik dalam pelaksanaannya ke depan,” ujarnya.

Pada rangkaian rakor tersebut, Kantor Wilayah juga memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada satuan kerja berprestasi atas kinerja yang telah dicapai sepanjang tahun 2020 dengan variabel penilaian yaitu Penayangan Video, Penguasaan Materi dan Paparan, Hasil Capaian Kinerja, Penyerapan Anggaran Tahun 2020 serta Nilai IKPA dan SMART Tahun 2020. Adapun 3 (tiga) satuan kerja terbaik tersebut antara lain Lapas Kelas IIA Lubuklinggau, Lapas Kelas IIB Muara Enim dan Rupbasan Kelas I Palembang.

“Saya berikan apresiasi atas kerja keras dan kerja maksimal dari teman-teman semua sehingga menghasilkan beberapa rekomendasi yang dapat diimplementasikan di satuan kerja masing masing. Sesuai dengan tema yang dibahas dalam diskusi, kita telah menemukan solusi atas isu-isu dan hambatan dalam pelaksanaan tugas dan fungi. Mulai dari Optimalisasi Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat dan Indeks Persepsi Korupsi, Meningkatkan Citra Positif di Satuan Kerja, Strategi Penyusunan dan Pelaksanaan Anggaran, hingga Inovasi dalam Pelayanan Publik. Semua rekomendasi dan solusi itu, sekali lagi, harus diimplementasikan di unit kerja teman-teman semua,” lanjut Kakanwil.

“Pemberian penghargaan ini dapat memotivasi seluruh satuan kerja di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan untuk bekerja dan berkinerja lebih baik lagi. Apa yang telah kita lakukan di tahun 2020 sudah baik atau belum? Bagaimana implementasi dari 6 area perubahan pembangunan Zona Integritas di satker kita? Apa yang telah dilaksanakan? Apa inovasinya? Bagaimana Manajemen SDM, pola mutasi, akuntabilitas dan pengawasannya? Itu tugas besar kita,” tutupnya. (*).