Bisnis

PT Chevron Pacific Indonesia Beri Opsi Penguduran Diri 1.750 Karyawannya

on

Banyuasin Online – Jakarta. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas) mengungkapkan, sebanyak 1.750 orang atau 25% dari total 7.000 pegawai PT Chevron Pacific Indonesia diberikan opsi mengundurkan diri. Kebijakan ini diambil menyusul semakin anjloknya harga minyak dunia.

Kepala Humas SKK Migas, Elan Biantoro menjelaskan, tahap pertama pengurangan karyawan dilakukan melalui early retirement atau pensiun dini kemudian tahap kedua ada seleksi di mana sebagian sudah tidak lulus tes dan hingga saat ini sudah ada sekitar 750 karyawan.

“Udah dua tahap udah berjalan, so far oke. Kan sudah tahap 1 early retirement, tahap 2 seleksi. Organisasinya dia kecilkan, ada sebagian nggak lulus tes. Sebagian dia tawarkan, tetap harus mutual juga. Masing-masing harus setuju. Dari tahap 1 dan tahap 2 itu sudah lumayan lebih dari setengah yang ditargetkan mereka sekitar 750-an,” kata Kepala Humas SKK Migas, Elan Biantoro, di kantornya, City Plaza, Jakarta, Senin (18/4/2016).

Lebih lanjut Elan mengatakan, yang masih mendapat kesempatan untuk kerja, mereka akan menghadapi tantangan berupa sepinya beban kerja yang dihadapi. Kondisi ini bisa membuat pekerja berpikir ulang untuk melanjutkan pekerjaan atau mundur.

“Sisanya kan kuat-kuatan saja mungkin yang masih kerja kan punya posisi. Mungkin sampai saat ini belum bisa di PHK. Tapi, lama-lama kan mereka akan, aduh kok nggak ada kerjaan sih, makan gaji buta, jadi voluntary, toh kan dapet sweetener dapat kelebihan,” ujar Elan.(detik.com)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *