Sosok

Mengenal Sosok Renny Astuti SH,SpN

on

PALEMBANG,Sumseltoday.com–Bagi sebagian masyarakat Sumatera Selatan mungkin belum banyak yang kenal dengan sosok yang satu ini, namun bagi kalangan hukum dan aktivis  nama beliau sudah tidak asing lagi.

Dialah Renny Astuti SH SpN, Notaris yang satu ini dikenal cerdas, tegas dan peduli dengan masyarakat miskin, kiprahnya di dunia notaris sudah tidak diragukan lagi, banyak masyarakat yang tidak mampu pernah beliau bantu dalam urusan hukumnya. Dan tak hanya itu, berbagai perusahaan besar dan klien klien lainnya mempercayakan urusan hukumnya ke ibu dari lima anak ini.

Kendati dikenal sebagai praktisi hukum, namun latar belakang beliau sebelumnya sebagian besar masyarakat belum banyak mengetahui, beliau dikenal dengan pribadi yang rendah hati dan rela membela kaum yang lemah.
Kepeduli terhadap masyarakat golongan lemah ternyata sudah melekat di jiwa beliau semenjak duduk di bangku sekolah, dan hal itu tersalurkan dengan menjadi aktivis saat beliau masih kuliah di tahun 90an.

Alumni UGM jogya ini, dari semenjak kuliah tak segan segan mengeluarkan suara lantang menyuarakan protes terhadap kebijakan pemerintah, ditahun 90an ratusan masyarakat miskin sempat diperjuangkan nasibnya dan dibawa beliau ke Jakarta untuk menuntut keadilan hak ganti rugi tanah yang nilainya tidak layak. Dan selain itu beliau juga  dikenal aktif di organisasi kemahasiswaan sebagai inisiator protes terutama mengenaii kebijakaan kebijakan pemerintah yang tidak berpihak ke kalangan masyarakat miskin.

Selama 20 tahun berkecimpung menjadi seorang notaris, merupakan salah satu jalan mengabdi ke masyarakat, dari pengalaman kiprahnya terjun ke masyarakat miskin di dalam urusan hukum, bahkan tidak jarang dibayar memakai buah buahan oleh warga yang telah dibantunya, beliau tak tega menerima uang atas jasanya dari orang yang tidak mampu.
“ada kenikmatan tersendiri ketika kita bisa membantu masyarakat miskin”,ujar Renny.

Sosok perempuan 47 tahun ini dinilai sudah waktunya membantu masyarakat miskin dengan kapasitas yang lebih besar, kali ini beliau dipercaya dan ditunjuk oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra untuk menjadi salah satu calon legislatif di senayan guna mewakili aspirasi kaum perempuan di wilayah Sumatera Selatan

Bagi Renny menjadi seorang calon DPR RI bukan bermotivasikan untuk mencari uang atau materi semata. Menurutnya, predikat menjadi seorang notaris dan  bersuami seorang pejabat disalah satu BUMN di negeri ini sudah lebih dari cukup. Namun panggilan hati yang peduli dengan masyarakat miskin takkan bisa ditahan, rasa simpati di masyarakat pinggiran wilayah sumsel mendasari beliau untuk maju di DPR RI dari Dapil Sumsel 1.

“Kita bisa melihat kota Palembang mungkin tidak terpantau klu di kota ini, namun lihatlah di pesisir atau pinggiran di dusun dusun Sumsel, saya prihatin melihat hasil tani dan perkebunan mereka ternyata harganya murah, baik sawit, karet ,kelapa ataupun lainnya. Dijual tak ada harganya, lalu mereka mau makan apa, bahkan anak anak mereka mengalami gizi buruk, belum lagi mau buka usaha lain mereka tak memiliki modal, inilah yang mendasari saya harus maju dan duduk menjadi anggota DPR RI”,ungkap Renny.

Wanita kelahiran Pagar Alam ini tercatat sebagai Caleg DPR RI 2019 dari Partai Gerindra No Urut 6 Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel 1, Meliputi Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, Kota Palembang, Kota Lubuklinggau. Beliau maju sebagai calon wakil rakyat di senayan untuk mewakili kaum perempuan, dengan Program yang jelas yakni Ekonomi Kerakyatan dan Perbaikan Gizi Buruk.

“Saya gak muluk muluk, klu soal infrastruktur itu sudah banyak program pemerintah, saat ini yang masyarakat butuhkan itu adalah untuk makan, perbaikan gizi anak anaknya dan kesejahteraan ekonomi yang berpihak ke rakyat kecil”,tegas Renny.

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *