Sosok

Mengenal Sosok Dr. Niko Pransisco, Anggota DPRD Lahat

on

Dr. Niko Pransisco, SH,. MH adalah sosok anggota DPRD Kabupaten Lahat yang memiliki kesan ramah dan sederhana. Penampilannya energik dan juga terlihat awet muda, meski usianya sudah memasuki 47 tahun. Pria kelahiran Lahat, 28 Agustus 1971 tersebut adalah pimpinan Komisi II di DPRD Kabupaten Lahat.

Ayah dari ketiga anak Julia Anjani Putri, M. Reza Oktapiansyah, dan Marcella Pransisca ini memiliki pribadi yang bersahaja dan senantiasa mengutamakan tuntunan agama dan budi pekerti dalam hidupnya ini, sehingga ia dikenal dekat di masyarakat Lahat.

Dalam Perjalanan politiknya, Karir politik alumnus Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya itu bersinar dibawah bendera Partai PAN. Niko mulai terjun ke dunia politik sejak tahun 2000 dan memilih PAN sebagai kendaraan politiknya, dan pada pemilu legislatif tahun 2009 silam ia menduduki kursi DPRD Kabupaten Lahat, Dan Pada Pilcaleg 2014 lalu, suami dari Hj. Afrianti, MM ini kembali terpilih sebagai wakil rakyat untuk kali kedua dengan raihan suara yang lebih significant.

Sebelum menjadi anggota dewan, kemampuan organisasi dan berpolitik Niko sudah terlihat sejak ia mahasiswa, Niko merupakan ketua senat 1 mahasiswa fakultas Hukum Unsri. Selain itu, ia juga pernah menjadi ketua Redaksi Majalah Forum Mahasiswa FH Unsri. Sehingga Tak heran karir politiknya yang sudah menjiwa terus bersinar hingga kini menduduki kursi DPRD berkat komitmen dan konsistensi dalam menjaga dan menjalankan amanat rakyat.

Niko juga memiliki prestasi cemerlang di dunia pendidikan, jenjang pendidikan penyandang gelar Doktor Ilmu Hukum ini dimulai dengan menamatkan SDN 13 Kota Agung Lahat pada tahun 1984. Pendidikan menengah pertama ia tempuh di SMP Santo Yosep Lahat, dan tamat tahun 1987. Selanjutnya tamat pada Sekolah Menengah Atas Santo Yosep Lahat tahun 1990. Sementara gelar Sarjana Hukum diraihnya pada tahun 1995 di Universitas Sriwijaya.

Pada tahun 2011 ia mengambil S2 Magister Hukum di Universitas Muhammadiyah dan meraih gelar Magister Hukum pada tahun 2013. Tak berhenti disitu, pada tahun 2013 juga ia langsung mengambil pendidikan S3 Doktor Ilmu Hukum di Universitas Borobudur, Jakarta dan pada tahun 2016 ia resmi menyandang gelar Doktor.

Di kalangan sesama anggota dewan, Niko dikenal cukup bijaksana, dan menjunjung tinggi demokratisasi. Hal ini tercermin saat ia memimpin sidang-sidang di internal dewan, maupun saat rapat bersama pihak eksekutif dan menerima aspirasi masyarakat. Pria yang pernah menjabat ketua HIPMI Lahat ini memberikan kebebasan pada setiap anggota dewan, dan pada siapapun untuk menyampaikan ide, pendapat, gagasan dan kritikan sekalipun.

Keluwesan pergaulan dan kesan rendah hati juga tetap tergambar meski kini menduduki posisi sebagai pejabat negara. Ia tetap tidak sungkan-sungkan untuk mendampingi warga yang membutuhkan pertolongannya. Ia juga tetap bergabung dalam diskusi bersama pemuda yang mengenal baik dirinya.

Terakhir, disela-sela kesibukannya yang lain, berolahraga dengan masyarakat umum adalah rutinitas lainnya di sela-sela aktivitas yang padat. Namun pada forum formal ia juga mampu memberikan pandangan, dan solusi cemerlang terhadap sebuah permasalahan.

Soal kegemaran terhadap olah raga, Sekretaris AAI Lahat ini mengaku tidak hanya untuk sekedar mancari keringat semata. Lebih dari itu dalam berolahraga mengajarkan tentang kerjasama tim dan kekompakan dalam meraih kesuksesan, semangat tersebut dirasakan sangat menunjang posisinya sebagai anggota DPRD. (Adv/profil)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *