KEMUNGKINAN “KUDA HITAM” BERMUNCULAN DALAM PILKADA MUSIRAWAS 2024

Musirawas.ST.- Meski masih beberapa Bulan kedepan Pelaksanaan pilkada serentak yang akan berlangsung di bulan November 2024, dan Komisi Pemilihan Umum masih mempersiapkan Penyusunan Badan Adhoc dan Jadwal tahapan Pilkada berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2024. Selain PPK, badan adhoc lain yang dibentuk yakni Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Tahapan tersebut dijadwalkan berlangsung, 17 April hingga 5 November 2024.

Direktur “Jaringan Aspirasi Masyarakat” Sumatera Selatan Bambang Heriyanto menyoroti Kemungkinan kontestasi Pilkada Musirawas akan semakin ketat. Mulai dari Petahana, Mantan Bupati, Pengusaha, Kepala OPD dan Juga Kepala Desa.

Bambang Heriyanto menilai bahwa, Maghnet Pilkada Serentak yang hanya tinggal hitungan bulan tersebut, memunculkan banyak tokoh yang akan bertarung untuk menuju kursi Musirawas 1 dan musirawas 2 periode 2024 – 2029. Selain dua Petahana yang di Prediksi akan saling berhadap-hadapan antara sang petahana Bupati Hj Ratna Machmud dan Wakil Bupati Hj Suwarti Burlian dipastikan pecah kongsi mengingat aturan yang membatasi seseorang hanya dapat menduduki jabatan bupati/wakil bupati sebanyak 2 periode saja. Hal ini di karenakan Wakil Bupati Musirawas Hj. Suwarti telah 2 kali menduduki jabatan wakil Bupati Musirawas Periode 2015 – 2020 Berpasangan dengan H. Hendra Gunawan serta Periode 2020 – 2024 Berpasangan dengan Hj. Ratna Machmud bupati Petahana yang saat ini masih menjabat.

Selain dua nama tersebut, nama H. Hendra Gunawan (H2G) masih menjadi penantang Paling wahit bagi kedua Petahana di atas. Apalagi saat ini H2G terpilih menjadi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan dari dapil Musirawas. Nama H2G bukanlah tokoh baru dalam dunia Politik Musirawas. Beliau Pernah menjadi Bupati Musirawas Periode 2015 – 2020 Berpasangan dengan Hj. Suwarti Burlian sebelum akhirnya dikalahkan Pasangan duo Srikandi Musirawas pada Pilkada 2020 – 2024.

Nama selanjutnya yang saat ini muncul dan siap meramaikan Kompetisi di Musirawas. Salah satu diantaranya adalah Dian Prasetio, SH, MH, dari Dewan Pakar Himpunan Pengusaha Nahdiyin (HPN) Sumatra Selatan. Tokoh muda yang satu ini adalah Pengusaha di Jakarta, Dian Merupakan Putra Asli kabupaten Musirawas yang lahir di desa mataram Kecamatan Tugumulyo pada Tanggal 26 Juni 1988. Awal 2023 nama Dian mulai muncul kehadapan public Musirawas sebagai salah satu Kompetitor Bakal Calon Bupati Musirawas Periode 2024 – 2029 dengan Mengusung Jargon “wes wayahe” (sudah waktunya).

Tokoh berikutnya yang juga mulai tebar pesona adalah Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Musi Rawas periode 2024-2029, H Ristanto Wahyudi, S.T, M.T yang juga ASN Aktif di lingkungan Pemerintahan Kabupaten PALI sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) beliau adalah Putra asli Muara lakitan, beliau digadang gadang mendapat Restu dari Dr. Ridwan Mukti yang pernah menjabat sebagai bupati Musirawas 2 Periode dan Bupati Pali Dr. Ir. H. Heri Amalindo, M.M.

Diluar prediksi banyak fihak, Peta Politik Musirawas juga diramaikan dengan Munculnya “Kuda Hitam” Sohidin (Dapid) Kepala desa Sukaraya lama Kecamatan suku tengah lakitan (STL). Kemunculan nama Ketua DPD APDESI Provinsi Sumatera Selatan ini diluar perkiraan banyak fihak mengingat dalam sejarah mulai berdirinya Kabupaten Musirawas belum pernah ada Kades yang Muncul sebagai Calon Bupati maupun Wakil Bupati. Mengusung Jargon “Arah Baru Musirawas Maju” di prediksi akan mendapatkan banyak dukungan dan warna tersendiri dari para kepala Desa maupun organisasi desa lainnya di Kabupaten Musirawas. Pria yang juga menjadi Korwil Wilayah Sumatera dalam Penggalangan aksi Revisi Undang –Undang Desa no.6 tahun 2014 ini di gadang-gadang juga masuk menjadi salah satu nominator Ketua Umum maupun sekretaris umum Dewan Pimpinan Pusat APDESI yang akan di gelar pada bulan Mei 2024 nanti dalam Kongres APDESI 2024.

Selanjutnya ada nama Suprayitno, A.Md.Kep Wakil Ketua Partai Gerindra kabupaten Musirawas yang juga merupakan adik kandung Wakil Bupati Petahana, Hj. Suwarti Burlian. Sayang dalam pertarungan Pemilu legislative kemarin, Pria Kelahiran Sumber Harjo 07 Mei 1972 ini gagal masuk Kembali mempertahankan Kursi ke legislative Musirawas 2024 – 2029. Patut kita tunggu Beberapa bulan kedepan kita akan amati Pergerakan para Kompetitor yang akan maju memimpin Bumi Beselang serundingan kedepan, ujar Bambang mengakhiri komunikasinya. (Red).