Harianpalembang.com, Seterio – Pemerintah Kabupaten Banyuasin memulai rangkaian kegiatan safari ramadhan tahun 1437 H. Pembukaan kegiatan tahunan Pemkab Banyuasin ini digelar di Masjid Nurul Sa’adah Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III, pada 3 Ramadhan 1437 H bertepatan dengan 8 Juni 2016.

Pemkab Banyuasin akan melaksanakan 20 kunjungan safari ramadhan di tahun ini. Kegiatan tersebut meliputi pembukaan yang saat ini dilaksanakan, peringatan Nuzulul Qur’an yang direncanakan akan dilangsungkan di Masjid An-Nur Kec.Rambutan, safari ke tiap kecamatan dalam wilayah Kabupaten Banyuasin. Kegiatan ini dijadwalkan akan ditutup pada safari di Kec.Talang Kelapa pada 25 Ramadhan 2437 H.

Pada Pembukaan Safari Ramadhan, Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian, SH, mewakili seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Banyuasin memberikan ucapan selamat menjalankan ibadah puasa kepada semua masyarakat Banyuasin. Bupati mengatakan rangkaian kegiatan safari ramadhan ini selain bertujuan mempererat tali silahturahmi antara pemerintah dan masyarakat juga diharapkan sebagai wadah untuk mendengarkan keluhan dan harapan masyarakat dalam nuansa puasa ramadhan 1437 H.

“InsyaAllah, mulai hari Kamis besok, saya dan jajaran Pemkab Banyuasin bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah akan melaksanakan safari Ramadhan ke sembilan belas kecamatan, yang akan kita mulai dari Kecamatan Muara Sugihan” jelas beliau.

Selain itu, orang nomor satu di Bumi Sedulang Setudung ini juga mengajak kepada umat muslim di Kabupaten Banyuasin untuk mengisi bulan penuh berkah ini dengan berbagai kegiatan ibadah. “Banyak sekali kegiatan yang bisa bernilai ibadah, mulai dari sholat, tilawah, menyantuni anak yatim, sampai hal-hal sederhana seperti menahan amarah atau tidak berkata kotor yang bisa menjadi ladang pahala untuk kita” ujar Yan Anton.

“Jangan samapi kita termasuk orang yang berpuasa namun tidak mendapat apa-apa kecuali lapar dan dahaga saja” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang baik ini Bupati Banyuasin juga menyerahkan bantuan uang santunan sebesar Rp.100 ribu kepada anak yatim dan membagikan 50 paket sembako untuk fakir miskin. Selain itu juga diserahkan bantuan 2 gulung sajadah dan uang tunai Rp.15 juta untuk Masjid Nurul Sa’adah.

Bantuan-bantuan serupa juga akan selalu diberikan dalam tiap kunjungan safari ramadhan Bupati Banyuasin.

Kegiatan ini semakin bermakna dengan tausiyah yang disampaikan Ustad DR.H.OPI Palopi, M. Ag. Ust Opi menyampaikan pentingnya bersyukur atas segala nikmat yang telah dikaruniakan Allah SWT kepada kita. “Dan bisa kembali menikmati ramadhan kali ini pun adalah anugerah yang harus kita syukuri, bagaimana caranya, tentunya dengan memanfaatkan kehadiran bulan suci ini untuk beribdah sebanyak-banyaknya” ujar Dosen Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang ini. “Semoga kita bisa kembali berjumpa dengan ramdhan tahun depan” doanya.

Turut hadir dalam kegiatan yang juga dilanjutkan dengan buka bersama dan sholat taraweh berjamaah ini, Sekretaris Daerah Banyuasin, Kapolres Banyuasin, Ketua TP-PKK Kab.Banyuasin, Sejumlah Kepala Dinas di lingkungan Pemkab Banyuasin, Camat dalam wilayah Kab.Banyuasin, Ketuan KNPI Banyuasin dan Ketua Karang Taruna Banyuasin. (hms)