Lahat  

Pj Bupati Lahat Tegaskan ASN Lebih Disiplin, Jika TPP Mau Cair Lebih Cepat

Oplus_0

Sumsel Today.com
Lahat – Pencairan tambahan penghasilan pegawai (TPP), jadi salah satu yang juga ditunggu-tunggu oleh ASN di Pemkab Lahat.

Sejak di bulan pertama menjabat, PJ Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP MSi langsung menekankan agar TPP ASN tidak terlambat cair. Tapi dengan catatan, OPD terkait juga harus cepat dan tertib dalam melengkapi syarat administrasinya.

Muhammad Farid mengatakan, ia sudah memberikan surat edaran ke seluruh OPD, bahwa sebelum tanggal 5 di tiap bulan, berkas TPP sudah berproses ke BPKAD. Karena berkas tersebut nantinya akan diferivikasi dahulu di BKPSDM Lahat, kemudian baru diteruskan ke BPKAD terkait sirelinya, lalu baru bisa dicairkan.

“Kendalanya, jika saya lihat ini hanya karena pola kebiasaan. Kalau di pusat, telat satu hari ASN langsung teriak, atau karena disini ASN menyadari kinerjanya belum maksimal,” kata Muhammad Farid, Senin (10/6/2024)

Muhammad Farid menambahkan, keinginannya agar TPP bisa dicairkan dibawah tanggal 10 per bulannya, dikarenakan untuk menjaga agar ASN Pemkab Lahat jadi lebih loyal dengan tugas dan tanggung jawabnya. Tidak berpikir selalu ingin cepat pulang, karena ingin cari sampingan lain.

“Jadi jika TPP tidak telat cair, ASN bisa maksimal bekerja mengabdi ke negara dan masyarakat Kabupaten Lahat. Pencairan TPP ini sudah ada ketentuannya. Dilihat berdasarkan absensi dan laporan kinerja harian.
Jika baik, akan diterima full, jika tidak baik akan dikurangi secara proposional,” jelasnya.

Muhammad Farid menyebut, ia akan terus menekankan dan mengingatkan ASN pentingnya disiplin dan tertib tata kelola Administrasi. Karena disiplin dalam bekerja bisa menciptakan iklim dan budaya kerja yang berorientasi pada hasil capaian yang maksimal dan terukur.

“Secara sistem, ASN ini sudah bekerja sangat baik. Sebelumnya hanya soal kebiasaan saja. Setelah 6 bulan terakhir, saya lihat ASN di Pemkab Lahat mulai terlihat lari kencang, untuk bekerja maksimal dan optimal,” sampainya. (Red)