Berita Palembang

Masyarakat Menolak Palembang Tenggelam.

on

PALEMBANG.Sumseltoday.com–Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam wadah Gerakan Masyarakat Menolak Palembang Tenggelam (GMMPT), menggelar seminar mencari solusi pencegahan banjir di kota Palembang. Kegiatan ini dipelopori Dedek Chaniago selaku inisiator GMMPT  Aston Hotel Palembang.Sabtu(22/02).

“Bermula dari diskusi di Kapal Selam Cafe  tahun 2018 silam, dan karena kepedulian yang sama terhadap kota Palembang,  persolan banjir bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tapi semua pihak, termasuk masyarakat sendiri, Ujar Dedek.

Sementara itu Ketua pelaksana Sutinah pada sambutannya mengatakan, bahwa ada sembilan perumusan solusi dalam mengatasi persoalan-persoalan banjir di Palembang. Di antaranya, Masisnya laju pembangunan, kolam retensi, pemanfaatan anak sungai, perbaikan infrastruktur, review tentang izin pembangunan, gerakan menanam pohon dan lainnya.

Seminar ini disambut baik oleh Anggota Komisi III DPRD Palembang Ruspanda Karibullah, dikatakannya Pihaknya akan mengawal hasil  seminar ini sebagai masukan untuk anggota legislatif.

“Saya dari Komisi III akan mengawal program seminar ini sampai dengan goal yang diharapkan para kawan kawan penggiat banjir di Palembang,” tegasnya.

Lanjut Ruspanda mengatakan, ‘bukan hanya pemerintah dan legislatif yang memberikan pemikiran, tapi masyarakat yang betul-betul merasakan, agar menjadi atensi, khusus wilayah dampak banjir yang luar biasa, sehingga bisa diminalisir di tahun-tahun berikutnya.

Selain itu, perlu dibangun kepedulian masyarakat terhadap solusi banjir. Apabila masyarakat sudah mengerti, otomatis persoalan banjir di Palembang bisa terjawab.

“Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam tahapan pembangunan kota hijau di Palembang, bukan hanya sekedar pemerintah dan legislatif, tapi semua elemen masyarakat harus terlibat tentang kepedulian lingkungan, baik sampah, alur sungai atau drainase air depan rumah. Ujarnya Mengakhiri.

Turut hadir sebagai narasumber.  Dr Ir Edward Saleh M.S dari UNSRI. Erfan M Kamil ST MT dari universitas Muhammadiyah Palembang. Drs Wijaya Mc. MSI Ph.D  UIN Raden Fatah Palembang, A. Hamid Asysyauki.ST dari Universitas Muhammadiyah Palembang. dan Sudarto Marelo Dari Serikat Hijau Indonesia. Serta tokoh masyarakat kota Palembang Hernoe Roespriadji.(**)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *