Kakanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri pembukaan Lomba Kadarkum tingkat SLTA Se-Sumsel

Palembang, Sumseltoday.com – Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto menghadiri pembukaan Lomba Sadar Hukum tingkat SLTA Se-Sumsel di SMA Negeri 1 Palembang, Rabu (16/11).

Lomba Sadar Hukum ini mengusung tema “Melalui kegiatan Kadarkum bagi SLTA Tingkat Provinsi Sumsel kita ciptakan Generasi Muda yang Cerdas dan Bermartabat Menuju Sumsel Maju untuk semua”, lomba diikuti oleh perwakilan SMA di 17 Kabupaten dan Kota Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru. Dalam sambutannya Gubernur Herman Deru mengatakan bahwa target dari kegiatan ini adalah mewujudkan warga sumsel yang sadar dan taat hukum.

Sadar hukum dimulai dari ketertiban individu masing masing. Jika tidak ada keinginan individu sendiri untuk mengimpelementasikan hukum maka undang-undang dan produk hukum yang telah dirancang sedemikian bagusnya akan sia-sia.

Menurut Deru ,Kegiatan ini merupakan momentum untuk memperbaiki pemuda dan generasi muda menghadapi bonus demografi beberapa tahun mendatang dengan memupuk kesadaran hukum individu.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para pelajar sumsel memiliki kecerdasan dan kesadaran kolektif terhadap hukum,” harap Gubernur.

Karo Hukum Setda Prov Sumsel selaku ketua panitia mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi pelajar SLTA. Sehingga dapat mengantisipasi kejahatan sosial di kalangan generasi hukum. Sekaligus meningkatkan kesadaran hukum bagi pelajar Sumsel sehingga dapat menurunkan angka kriminalitas di Sumsel.

Dalam kesempatan itu, HD juga mengukuhkan Kelompok Sadar Hukum bagi SLTA dan komunitas pelajar penggiat Hukum dan HAM tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2022 terdiri dari perwakilan pelajar SLTA kab/kota.

Kanwil Kemenkumham Sumsel terlibat aktif dalam kegiatan ini Kakanwil Harun Sulianto (Penasihat), Kadivyankumham, Parsaoran Simaibang (Pengarah), Kabid Hukum, Ave Maria Sihombing (Juri), Analisis Hukum Madya, Budiman Santoso (Pembantu Juri), Penyuluh Hukum Madya, Neliwati; (Pembantu Juri), Penyuluh Hukum Madya, Mulyana; (Pembantu Juri), Kabid Ham, Yulizar (Panitia), Kasubbid Penyuluh Hukum, Bankum, dan JDIH, Vonny Destika Sari (Panita), Penyuluh Hukum Muda, Novi Setia Nuryani (panitia), dan Penyuluh Hukum Muda, Sofiyan (Panitia).

Baca juga  Pimti Kanwil Kemenkumham Sumsel Ikuti Rakor Evaluasi Capaian Kinerja

Selain dari Kanwil Kemenkumham Sumsel, jurinya juga berasal dari Polda Sumsel, Kejati Palembang, Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, dan Biro Hukum Setda Sumsel.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para anggota/perwakilan Forkompimda Sumsel, Ketua Komisi I DPRD Prov Sumsel, Kepala OPD Provinsi Sumsel, para Direktur Utama BUMD di Sumsel, Duta Literasi Sumsel, para tenaga pendidik, dan para peserta Lomba.