Berita Sumsel

Edhy Prabowo Perjuangkan Nasib Masyarakat Adat

on

PALEMBANG,Sumseltoday.com—Demi memastikan penguatan RUU perubahan atas UU no  41 tahun 1999 tentang kehutanan benar benar harus sejalan dengan konstitusi, Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo sengaja berkunjung ke Sumatera Selatan untuk menerima masukan secara langsung  dari para pakar hukum,pakar sosiologi, sosial budaya, masyarakat dan pengamat hutan.

Dialog terbuka  yang dikemas dalam bentuk Forum Group Discussion(FGD)ini  berlangsung proaktif, dan banyak  masukan dari  peserta, nasib masyarakat adat menjadi topik bahasan yang menarik pada dialog  yang digelar di Gedung Bina Praja Palembang tersebut, Kamis(04/10).

“Ditengah perubahan jaman, ditengah derasnya pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan kebutuhan manusia,  mengelola hutan ini sekarang bukan soal masalah tanaman dan hewan hewan tapi bicara kepentingan manusia yang tinggal di dalam hutan itu”,ujar Edhy Prabowo kepada wartawan.

Pria kelahiran Muara Enim  ini menjelaskan, pihaknya sengaja datang ke Sumsel untuk melihat langsung realita kenyataannya di lapangan seperti apa.

“kita mau tahu realitanya seperti  apa makanya kita datang, FGD ini tidak hanya satu tempat tapi di tiga tempat, jawa di UGM, untuk Indonesia timur di Manokwari Papua kita minta juga  untuk jelaskan walaupun penduduknya sedikit, tapi disana lihat hutannya, bagaimana hukum adat dan sebagainya, ini yang harus pemisahan yang jelas”, ujarnya

Lanjut Edhy menjelaskan, “Sebenarnya kita tahu masalahnya, tapi siapa yang akan memulai itu, pengawasan ada, tinggal penegakan hukumnya, kan semua ini harus ada yang memulai, supaya tidak ada lagi istilah keterlanjuran. Kalu semuanya keterlanjuran apa artinya hukum, ga ada, untuk apa penegakan ga ada, iya uda kita ambil jalan tengah.

“sikap kita jelas, bahwa kehidupan itu tidak hanya bicara masalah masyarakat saja, masyarakat itukan banyak, ada rakyat kecil, menengah, kalangan atas, individu kemudian ada pengusaha, pengusaha juga rakyat, tapi pengusaha pengusaha yang semena mena menindas rakyat ini  juga harus kita luruskan dan kita perbaiki”, tegasnya.(**)

 

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *