PALEMBANG,Sumseltoday.com,- Ketua KONI Kota Palembang Suparman romans merasa optimis dalam menghadapi Pekan Olahraga Provinsi ke-12 di Prabumulih akhir bulan November mendatang, target KONI Palembang akan tetap mempertahankan predikat  juara umum. Hal ini diungkapkan Suparman romans usai menggelar rapat koordinasi dengan pengurus cabang olahraga dan koordinator pengurus tingkat Kecamatan se-Kota Palembang, di Gedung Parameswara Pemkot, Kamis (25/7).

Suparman menjelaskan, kendati dengan keterbatasan dana, namun pihaknya sejauh ini sudah melakukan berbagai upaya dalam mempersiapkan event penprov  tersebut, seperti menyeleksi, berkonsultasi dan berkoordinasi dengan cabor-cabor atlit untuk bertanding.

“Memang selama ini masih menemukan hambatan, secara klasik  terkait anggaran. Apalagi anggaran pada tahun lalu selalu defisit diakhir program. Sehingga terjadi pola tampal sulam atau Gali lobang tutup lobang demi kepentingan pembinaan Cabor berprestasi, KONI siap melakukan hal itu,” jelasnya

Selain itu, suparman juga mengapresiasi kinerja DPRD Kota Palembang karena sumbangsih begitu besar yang telah diberikan membantu demi kemajuan insan olahraga khususnya Cabor dan KONI Kota Palembang.

“Kita sudah konsultasi dengan ketua DPRD dan komisi. Alhamdulillah masuk pada usulan APBD perubahan dan APBD induk 2020,” harapnya.

Ditempat sama, Ketua Komisi 4 DPRD Kota Palembang, M Syafran Saropi berkomitmen apapun yang menjadi harapan aspirasi dan ajuan secara narasi dan tidak melanggar aturan perundang-undangan akan di support habis. Terakomodir tahun 2019 mencapai 5,3 miliar anggaran untuk KONI Kota Palembang melalui Dispora Kota Palembang.

“Kita harus bisa melebihi dari Kabupaten Muba sebesar 12,5 miliar. Karena setiap Perprov,  Palembang masih tetap meraih juara umum. Makanya, DPRD akan mensupport habis apapun yang diajukan KONI maupun cabang olahraga, karena itu terpenting,” katanya

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palembang, Ahmad Dzajuli menjelaskan, secara teknis pembinaan olahraga berprestasi sebenarnya ada kapasitasnya. Apapun hal-hal yang berkenaan dengan KONI mengenai pembinaan atlet, Dispora membantu dengan kemitraan.

“Salah satu bentuk kemitraan itu dengan memberikan penghargaan, apabila atlet tersebut mendapat prestasi yang baik untuk setiap event-event kejuaraan olahraga,” jelasnya

Untuk pemberian bonus untuk atlet berprestasi,  Hal itu sudah sesuai acuan Peraturan Gubernur Sumsel. Tidak ada Kabupaten dan Kota yang melampaui karena semuanya rata. Sehingga tidak ada lagi atlet yang di perjualbelikan,” ujarnya
(**)