Berita Sumsel

Sri meliyani: Fasilitas Perpustakaan Itu Harus Bagus

on

PALEMBANG,Sumseltoday.com– Menumbuh kembangkan kegemaran membaca tak bisa hanya sekedar berkampanye, namun wajib didukung dengan fasilitas perpustakaan yang memadai. Hal ini dikatakan Ir Sri Meliyani Anggota Komisi XI DPR RI saat menggelar “Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca” di Aula Dinas Perpustakaan Daerah Palembang, Selasa(24/7).

“Untuk gemar membaca biasanya tempat dan fasilitas itu tujuan utama, Akses mudah di dapat mudah dicari dan murah itulah biasanya dicari. Namun sebaliknya apabila mencarinya sulit, biaya mahal, tempat bau dan panas, jadi siapa yang akan berkunjung untuk datang ke perpustakaan, ini harus menjadi perhatian semua pihak dan harus bisa mewujudkan itu”, ujar Sri Meliyani.

Politisi dari partai Gerindra ini berharap kepada Pemerintah Daerah untuk mengimplementasikan gemar membaca tak hanya pada sosialisasi, namun wajib ditindaklanjuti dengan perbaikan fasilitasnya.

“Untuk cara memancing minat baca dan bisa mewujudkannya, kita harus bisa memperbaiki secara perlahan-lahan, pemerintah daerah harus berpihak tentang ini, jangan seperti di ibaratkan seperti kapur dan sirih ketemu sesaat lalu usai, tidak ada cerita untuk kedepannya,” ujarnya.

Sementara itu, mewakili Balai Perpustakaan Nasional Deni Kurnadi mengatakan, untuk mendorong perpustakaan di Indonesia ada 187 Dinas perpustakaan yang akan di bentuk untuk di kabupaten/kota.

“Ini bisa di dukung secara koleksi oleh APBN, APBD dan masyarakat, supaya perpustakaan yang ada di desa atau kelurahan bisa memenuhi kebutuhan koleksi Informasi Dinas Perpustakaan (Dispus) di daerah secara struktural,” ujarnya,

Lanjut Deni, pustakawan supaya bisa struktural, harus sesuai dengan standar melalui pelatihan formal, “apabila di tanya soal 25 perguruan tinggi yang membuka jurusan perpustakaan di daerah, yang jelas masih kurang, oleh karena itu harus di dukung dengan diklat-diklat, baik itu di nasional, provinsi kabupaten/kota secara umum untuk tenaga pustakawan,”

Untuk layanan pada generasi anak-anak seperti layanan gadget nantinya akan kita luncurkan sesuai kebutuhan media elektronik untuk sehari-hari”, tutup Deni. (red-1)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *