Harianpalembang.com, PALEMBANG – Dalam rangka mengisi kegiatan di bulan Suci Ramadhan, Kodam II/Swj beserta jajarannya menyelenggarakan aktifitas keagamaan yakni mengadakan kegiatan rutin Sholat Zhuhur berjamaah dilanjutkan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) yang di koordinir oleh Bintaldam II/Swj.

Diawal hari pertama di bulan Puasa (bulan Ramadhan), Kultum disampaikan oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., Senin (6/6). Kegiatan ini berlangsung di Masjid Raudhatul ‘Ulum Makodam II/Swj Palembang yang diikuti oleh Para pejabat teras Kodam II/Swj, segenap prajurit dan PNS Kodam II/Swj serta masyarakat yang berada di lingkungan Makodam.

Dalam ceramah Kultumnya Pangdam II/Swj mengajak para Jamaah untuk memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan, karena bulan suci Ramadhan adalah salah satu bulan Tasbiah, dimana bulan tempat belajar mengerjakan amalan-amalan baik dengan pahalanya yang berlipat ganda dari Allah AWT dan sama dengan mengerjakan amalan wajib.

Dalam kultumnya Pangdam juga menjelaskan tentang 7 (tujuh) Keutamaan bulan Ramadhan bagi Umat islam, antara lain ; Pertama, Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana kitab suci umat Islam (Al-Qur’an) pertamakali diturunkan. Kedua, sebagai umat Islam yang menjalankan amalan sholeh dan kewajiban seorang muslim pada bulan ramadhan akan mendapatkan balasan berlipat ganda, sampai sebagai 70 kali lipat. Ketiga, pada bulan puasa seorang muslim berkesempatan untuk kembali ke jalan yang baik dan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan. Dan Keempat, Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa.

Selanjutnya, Kelima, Pintu Surga Dibuka, Pintu Neraka Ditutup. Selebar-lebarnya pintu untuk kembali ke jalan yang lurus pada bulan Ramadhan dibuka bagi umat Islam. Sesuai Hadist ini: “Jika datang Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu.” (HR. Muslim).

Keenam, Bulan yang Mendidik untuk Mencapai Ketaqwaan, Menahan haus, lapar dan amarah merupakan jalan menuju sifat-sifat sabar yang taqwa. Itulah mengapa berpuasa sebulan penuh pada Ramadhan dapat membimbing umat Islam mencapai ketawaan. Ketujuh, terdapat Malam Lailatul Qadar, dimana malam tersebut baik diisi doa-doa yang baik dan mukjizat dapat turun pada umat Islam pada malam Lailatul Qadar tersebut.Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

Untuk hari-hari selanjutnya, pengisi kultum akan berlangsung secara bergiliran oleh tiap-tiap Staf dan satuan Balak jajaran Kodam II/Swj sesuai dengan jadwal yang telah disusun oleh Bintaldam II/Swj. Kegiatan keagamaan mengisi Ramadhan ini merupakan perintah langsung Pangdam II/Swj.