Nasional

Mulai Juni 2016, Dana PKH Akan Cair via LKD

on

JAKARTA, Harianpalembang.com – Mulai Juni 2016, para peserta Program Keluarga Harapan akan menerima bantuan lewat Layanan Keuangan Digital (LKD). Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat mengatakan LKD ini merupakan program percontohan yang menyeser 612.816 peserta PKH di Indonesia.

“Peserta PKH yang akan menjadi percontohan untuk LKD merupakan Keluarga Sangat Miskin (KSM) di 18 provinsi, 74 kabupaten/kota dan 688 kecamatan,” katanya pada penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama Bank Indonesia tentang pelaksanaan elektronifikasi penyaluran bantuan sosial, Kamis (26/5/2016).

Selama ini, kata Harry, bantuan PKH disalurkan secara tunai lewat PT Pos sehingga penerima bantuan harus lama mengantri. Untuk LKD, Kementerian Sosial akan bekerja sama dengan tiga bank yaitu BNI, BRI dan Bank Mandiri.

Sementara untuk daerah yang sulit dilayani perbankan, menurut dia masih tetap digunakan alternatif layanan keuangan tunai. Target ke depan pada 2017 berbagai bantuan sosial dapat diterima lewat satu kartu dimana bantuan masuk dalam satu akun penerima.

Gubernur BI Agus Martowardojo, selama ini antrian mengambil bantuan PKH di Kantor Pos seolah menggambarkan negara miskin. Sehingga agar lebih efisien, bantuan dapat ditransfer ke akun masing-masing peserta.

Sebagai info, MoU ini juga dilakukan antara Menteri Pendidikan Anies Baswedan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, serta Menteri Pembangunan Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar dengan Gubernur BI Agus Martowardojo. (Kini/bo)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *