Banyuasin Online, Granada – Barcelona dipastikan merebut gelar La Liga 2015/2016 usai mengalahkan Granada di Los Carmenes, (14/5/2016). Hat-trick Luis Suarez cukup mengantar Blaugrana merebut gelar ke-24 di pentas tertinggi klub Negeri Matador.

Barca yang harus menang guna memastikan gelarnya, bermain mendominasi sejak awal pertandingan. Kekuatan inti seperti Trio MSN; Messi, Suarez, dan Neymar diturunkan sejak awal guna meraih gol cepat.

Namun gol yang ditunggu baru datang di menit ke-22. Adalah Luis Suarez yang membawa Barca unggul usai memanfaatkan sodoran Jordi Alba dari sayap kiri. Skor berubah jadi 1-0.

Unggul satu gol membuat Barca kian semangat menggempur pertahanan tuan rumah. Namun beberapa kali Granada mampu mematahkan serangan yang dibangun Messi dan Neymar.

Pada menit ke-38, Barca akhirnya berhasil menggandakan kedudukan. Lagi-lagi berkat aksi Suarez, striker Uruguay mampu menanduk bola umpan tarik Dani Alves masuk ke gawang Andres Fernandez. Gol tersebut jadi yang ke-40 untuk sang pemain sepanjang musim ini.

Cuplikan Pertandingan Granada v Barcelona

Di sisa tujuh menit pertandingan babak pertama, tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 2-0 untuk keunggulan Barca menutup interval pertama.

Di babak kedua, Barca kembali menampilkan permainan menyerangnya. Namun di sepuluh menit pertama pascaistirahat, belum ada gol tambahan tercipta.

Pada menit ke-75, Barca mesti kehilangan Javier Mascherano yang mengalami cedera. Jeremy Mathieu masuk dan bertandem dengan Gerard Pique di lini belakang. Keluarnya pemain asal Argentina tak mampu dimanfaatkan Granada yang sejatinya tampil lebih baik di babak kedua.

Alih-alih mendapat gol, Granada malah kembali dibobol Suarez. Umpan manis Neymar berhasil disambut sang pemain dan mengubah kedudukan jadi 3-0. Gol itu juga menggenapi jumlah gol Suarez jadi 40 musim ini.

Hingga laga berakhir, kedudukan tidak berubah untuk kedua tim. Barca pun dipastikan merebut gelar juara La Liga Spanyol 2015/2016 dengan poin 91, unggul satu angka dari sang rival Real Madrid yang disaat bersamaan juga menang 2-0 dan mengoleksi poin 90.

Gelar juara ini jadi yang ke-24 bagi Barca sepanjang sejarah mereka. Selain itu, gelar juara mereka semakin lengkap usai Suarez dipastikan meraih gelar El Pichichi atau top skor dengan 40 gol, unggul lima gol dari Cristiano Ronaldo. (Sindo)

Susunan Pemain
Granada: Fernandez, Lopes, Lomban, Babin, Costa (Doria’81), Rico, Doucoure, Perez, Rochina (Cuenca’46), Penaranda, El Arabi (Barral’78)

Barcelona: Ter Stegen, Alves, Pique, Mascherano (Mathieu’75), Alba, Buusquets (Roberto’88), Rakitic (Turan’80), Iniesta, Messi, Neymar, Suarez