Bisnis  

245 Lulusan AKIPBA Diwisuda, 75 Persen Kerja di Grup MIND ID

Muara Enim,ST – 3 November 2022- Wisuda Angkatan I – IV Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA) digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Baru PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Tanjung Enim pada Kamis (2/11).

Sebanyak 245 lulusan AKIPBA diwisuda dalam acara ini. Rinciannya yaitu 81 orang wisudawan Program Studi Teknik Pengoperasian Alat Tambang (T-POT), 83 orang wisudawan Program Studi Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara (T-PHT), dan 81 orang wisudawan Program Studi Teknik Perawatan Alat Tambang (T-PAT).

Sebanyak kurang lebih 75 persen lulusan AKIPBA terserap di perusahaan anggota Grup MIND ID dan anak perusahaan.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PTBA, Suherman, menyampaikan ucapan selamat kepada lulusan AKIPBA yang telah diwisuda. Ia berpesan kepada semua wisudawan-wisudawati agar terus meningkatkan keahlian dan beradaptasi menghadapi tantangan ke depan.

“Kami selaku manajemen menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan/wisudawati angkatan I – IV yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya dengan baik. Semoga pendidikan yang diterima selama ini menjadi bekal adik-adik semua untuk mendapatkan pekerjaan atau pun nantinya akan melanjutkan pendidikan kembali ke jenjang yang lebih tinggi. Pesan saya kepada adik-adik untuk tetap tidak berhenti mengembangkan diri terutama dalam kondisi dunia dan bisnis yang sangat tidak pasti saat ini dan perubahan menuju era digital,” ujar Suherman dalam sambutannya.

Ia menambahkan, PTBA akan senantiasa berkomitmen mendukung pelaksanaan pendidikan di AKIPBA, sehingga AKIPBA dapat terus menghasilkan generasi muda yang kompeten dan siap berkarya memajukan bangsa Indonesia.

“Saya juga tidak lupa menyampaikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada Direktur AKIPBA, para dosen, para penasihat akademik, dan tenaga kependidikan AKIPBA atas kerja keras dan kesabarannya. Semoga apa yang telah Bapak dan Ibu kerjakan selama ini menjadi berkah bagi Bapak dan Ibu. Kedepan masih banyak hal yang perlu dikerjakan dan dikembangkan, saya berharap semoga Bapak dan Ibu semua tetap amanah dan memberikan yang terbaik kepada adik-adik generasi penerus bangsa,” ucapnya.

AKIPBA merupakan perguruan tinggi yang didirikan oleh para anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, yakni PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk (TINS), dan PT Antam Tbk (ANTM).

Perguruan tinggi ini didirikan sebagai bentuk sinergitas dan komitmen para anggota Grup MIND ID untuk menyelenggarakan institusi pendidikan yang unggul dan berkontribusi secara aktif dalam industri pertambangan nasional, memperluas akses dan pemerataan pendidikan tinggi berbasis industri pertambangan bagi masyarakat Indonesia, serta menyiapkan sumber daya manusia berakhlak mulia, terampil di bidang industri pertambangan dan memiliki daya saing di pasar global.

Terdapat 3 program studi (Diploma 1) di AKIPBA, yaitu Teknik Pengoperasian Alat Tambang (T-POT), Teknik Perawatan Alat Tambang (T-PAT), dan Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara (T-PHT). Program studi Teknik Pengoperasian Alat Tambang menyiapkan lulusannya sebagai Operator Pengoperasian Mesin dan Peralatan Pertambangan.

Sedangkan program studi Teknik Perawatan Alat Tambang menyiapkan lulusannya sebagai Operator Pemeliharaan Alat Tambang yang meminiki kompetensi dalam bidang pemeliharaan alat tambang. Adapun program studi Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara menyiapkan lulusannya sebagai Operator Mesin Pengolahan Hasil Tambang.

Di bawah naungan Yayasan Keluarga Besar Bukit Asam (Yakasaba), seluruh peserta didik di AKIPBA mendapat beasiswa penuh hingga lulus. AKIPBA merupakan wujud nyata komitmen perusahaan dalam pemenuhan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi untuk memenuhi kebutuhan industri pertambangan.

Laporan : nopri (Pjs)