Indeks

BPJS Kasih KIS Secara Gratis Ke WBP Rutan Kelas II B Baturaja

Baturaja, Sumseltoday.com – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas II B Baturaja menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara gratis yang diberikan oleh BPJS Kesehatan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) tersebut berlangsung di Aula Rumah Tahanan Negara Klas IIB Baturaja dan diterima langsung oleh Kepala Rutan Baturaja melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Oktomi.

“Ini dalam rangka mendukung peningkatan kesehatan WBP Rutan Baturaja” kata Kepala cabang BPJS OKU, Fitri Yanti.

Yanti menjelaskan, tentang pentingnya BPJS bagi warga binaan pemasyarakatan. Mengingat biaya kesehatan bagi warga binaan sangat minim, sedangkan Rutan Baturaja warga binaannya berjumlah 420 orang dan itu juga terus mengalami peningkatan jumlah isinya, BPJS ini lanjutnya diberikan secara gratis melalui skema Penerimaan Bantuan Iuran (PBI) yang diambil dari APBD OKU Kepada Rumah Tahanan Negara Klas IIB Baturaja.

“Kewajiban kami dari BPJS untuk memberikan pelayanan kesehatan agar pada saat warga binaan yang sakit dapat berobat gratis,” ungkapnya.

Sementara Kepala Rutan Klas IIB Baturaja melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Oktomi Didi Hartono menjelaskan, Kartu Indonesia Sehat sangat penting, mengingat anggaran kesehatan sangat terbatas bagi warga binaan pemasyarakatan. Selain itu warga binaan pemasyarakatan yang dirujuk ke rumah sakit di luar Rutan akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan gratis, karena ketika warga negara melakukan pidana.

“Negara berwenang menjatuhkan punishment (hukuman) namun ketika mereka menjadi sadar dan mau bertaubat, maka negarapun berkewajiban memberikan maaf dan reward kepadanya termasuk menjamin kesehatannya,” ungkap Oktomi.

Kartu Indonesia Sehat yang diserahkan itu sendiri baru berjumlah 5 (lima) buah, dan akan diserahkan secara bertahap sekitar 250 an Kartu Indonesia Sehat oleh pihak BPJS OKU supaya warga binaan di Rutan Baturaja dapat terjamin kesehatannya.

Sebagai ucapan terimakasih, kesempatan itu pula pihak Rutan Baturaja menyerahkan souvenir karya warga binaan pemasyarakatan berupa tas dari tali kur yang diserahkan langsung oleh Warga Binaan.

Editor :  FSS