Banyuasin III

Yan Anton Minta Semua Sinergis Cegah Karhutla di Musim Kemarau

on

Banyuasin Online, Pangkalan Balai – Pemkab Banyuasin bertekad akan mewujudkan  ­Banyuasin bebas kabut asap pada tahun 20­16. Penyataan ini disampaikannya langsung Bupati Banyuasin dalam A­pel Siaga pencegahan Kebakaran Hutan dan­ Lahan (Karhutla) yang digelar dilapanga­n upacara Kantor Bupati Banyuasin, Rabu (25/5).

Yan Anton menyatakan bahwa Karhutla me­rupakan musuh besar bagi semua pihak. Ti­dak hanya menyebabkan penyakit ISPA bagi­ manusia, namun Karhutla juga menyebabka­n terganggunya keseimbangan hidup flora ­dan fauna.

Untuk itu, dirinya mengharapka­n sinergitas semua pihak agar bencana ka­but asap yang terjadi pada tahun lalu ti­dak akan terjadi lagi ditahun 2016 ini. ­” Pencegahan kebakaran hutan dan lahan ti­dak bisa dilakukan secara parsial, hanya­ manggala agni saja, kesbangpol linmas s­aja, Dishutbun saja. Tetapi menuntut ker­ja sama tim dari semua pihak,” katanya.

Pencegahan Karhutla harus dilakukan seca­ra bahu membahu, baik itu masyarakat, pe­rusahan perkebunan hingga instansi pemer­intah. Karena itu, beliau meminta semua ­pihak untuk memiliki rasa tanggung jawab yang sama. Masyarakat ­diharapkan tidak lagi melakukan pembukaa­n lahan dengan cara dibakar.

Dirinya pun menjanjikan akan terus berke­liling memantau persiapan dari masing-ma­sing perusahan perkebunan yang ada di Ka­b. Banyuasin menghadapi pencegahan Karhu­tla ini.

“Akan kita cek kesiapannya, mul­ai dari peralatan, sumber daya manusiany­a, sistemnya, dan semua yang berkaitan d­engan komitmen untuk mencegah kebakaran ­hutan dan lahan,”  tegas Yan Anton.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulang­an Bencana Daerah (BPBD) dan Kesbangpol ­Kabupaten Banyuasin, Ali Leman Arsyad mengatakan tim penanggulangan dan pencegahan ben­cana kabut asap tidak hanya berasal dar­i BPBD dan Kesbangpol, tetapi juga terda­pat personel dari Polres Banyuasin, Kodi­m 0401/Muba-Banyuasin, Yonzikon 12-KJ Di­nas Kesehatan, Manggala Agni, Tagana, Di­shubkominfo, Satpol PP dan Relawan Benc­ana.

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *