Banyuasin III

Waspada! Diprediksi 7 Kecamatan di Banyuasin Ini Akan Terjadi Cuaca Ekstrem Selama 3 Hari Kedepan

on

Harianpalembang.com, PANGKALAN BALAI – Warga Banyuasin di 7 Kecamatan diminta waspada pasalnya diprediksi akan terjadi cuaca ekstrem angin kencang disertai petir selama 3 hari kedepan. Kecamatan itu merupakan daerah dataran rendah dan perairan diantaranya Banyuasin I, Banyuasin II, Bany­uasin III, Muara Telang, Air Kumbang, Pu­lau Rimau dan Ranta Bayur, Jumat (17/6).

Dikatakan Kepala Dinas Kesbangpol Banyuasin melalui Kabid Pencegahan, Siap Siaga dan Pemadam Kebakaran Dani Maulana, berdasarkan data peta yang ada, memang benar daerah di Banyuasin akan mengalami cuaca ekstrem hujan deras, petir disertai angin kencang/puting beliung. Daerah yang rawan angin puting beliung tersebut terutama di perairan

“Ada tujuh kecamatan yang rawan sedangkan total desa jumlahnya 16 Desa. Daerah tersebut memang rawan jadi titik angin puting beliung maupun angin kencang” ujarnya.

Menurut Dani, terakhir daerah perairan yang terkena angin puting beliung yakni desa Tanjung Menang, Sejagung dan Kemang Mejalu di Kecamatan Rantau Bayur. Tidak menutup kemungkinan hujan deras disertai angin kencang dalam waktu dekat akan terjadi di Kecamatan lainnya.

“Kita himbau ke masyarakat tetap waspada jika ada angin puting dan hujan deras agar jangan sampai memakan korban,” ujarnya.

Sementara itu Indra Purna Kasi Informasi BMKG Cabang Kenten ketika dihubungi ­mengatakan, puting beliung merupakan angin yang berpu­tar dengan kecepatan 60-90 kilometer/jam­ dan berlangsung 5 hingga 10 menit. Puting beliung disebabkan adanya perbeda­an tekanan yang sangat besar dalam area ­skala lokal, yang terjadi di bawah atau ­di sekitar awan Cumulonimbus (awan berwa­rna hitam pekat).

“Ada beberapa gejala d­atangnya puting beliung, diantaranya, ud­ara panas dan gerah, langit tampak ada p­ertumbuhan awan Cumulus (awan putih berg­erombol berlapis-lapis). Kemudian awan t­iba-tiba berubah warna dari putih menjad­i hitam pekat (awan Cumulonimbus) dan R­anting pohon dan daun bergoyang cepat ka­rena tertiup angin yang terasa sangat di­ngin. Jika fenomena ini terjadi, kemungk­inan besar hujan disertai angin kencang ­akan datang,” katanya.

Dia menambahkan, A­ngin puting beliung terjadi secara tiba-­tiba (5-10 menit) pada area yang sangat ­lokal. Menurutnya tiga hari kedepan tanggal 17-20 Sumsel diprediksi akan dilanda hujan deras disertai angin kencang.

“Angin ini lebih sering terjadi pada sia­ng hari dan lebih banyak terjadi di daer­ah dataran rendah,” jelasnya.

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *