Empat Lawang

Warga Berduyun Menangkap Ikan Pinggiraan Sungai Musi, Diduga Mabuk Belerang Gunung Dempo

on

Empat Lawang, sumseltoday.com – warga di pinggir aliran Sungai Musi di Kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Empatlawang berduyun-duyun turun ke sungai menangkap ikan, karena ikan mulai teler dan mengapung. Diduga kondisi ini akibat Sungai Musi tercampur belerang dari semburan Gunung Api Dempo sehingga ikan sangat mudah didapat karena mabuk.

Dengan membawa jala, tangguk, jaring dan perlengkapan mencari ikan lainnya, dari yang orang tua, muda, bahkan ibu-ibupun pun turun ke Sungai Musi mencari ikan yang mereka anggap ini sebagai berkah. Sementara bagi anak-anak juga tidak kalah gesitnya mencari ikan di pinggiran sungai tidak hanya ikan kecil ikan berukuran cukup besar juga bisa mereka dapatkan tanpa menggunakan alat penangkap karena ikanya sudah mabuk.

Hasilnya lumayan, ikan-ikan kecil sampai ikan berukuran besar mereka dapat, seperti ikan baung, lampam, semah, patin sungai dan ikan jenis lainnya.

Dian, warga lainya sambil menjala bersama istrinya memegang ikan hasil tangkapan dengan sangat semangat mengibaskan jala. Dua tiga kali jala miliknya ia kibaskan mudah saja ikan berukuran telapak tangan orang dewasa didapat.

“Airnya ketubean. Ini jarang terjadi kadang dua tiga tahun sekali, kadang bisa lebih, tidak tentu. Kalau sudah ketubean ikan sangat mudah didapat,” ungkapnya.

Darso, warga Tanjung beringin mengaku mencari ikan hampir satu jam dan hasilnya lumayan, karung berukuran 20 Kg miliknya sudah setengah berisi.

“Ketubean, ini jarang. Kali ini ikannya sudah hampir mabuk galo. Besak-besak ikannyo keluar la tenggeng. Pecaknyo ini mabuk belerang,” katanya seraya memegang jala.(Rwl)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *