Banyuasin

Usai Upacara Harkitnas, Lapas Banyuasin Kukuhkan Pasukan Merah Putih

on

Banyuasin, Sumseltoday.com – Salah satu tujuan sistem pemasyarakatan ialah membentuk warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang dapat aktif berperan dalam pembangunan. Semangat itulah yang ingin digaungkan lagi oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) lewat Pengukuhan Pasukan Merah Putih Narapidana pada Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 yang dilaksanakan pada Senin (21/5).
Kegiatan ini merupakan lanjutan program “Bhakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana” yang dilaksanakan oleh 111 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang ditunjuk oleh Ditjenpas, termasuk Lapas Kelas III Banyuasin. Adapun kegiatan tersebut akan menjadi sebuah rangkaian kegiatan dan sequence dengan peringatan beberapa Hari Nasional.

Ka. Lapas Banyuasin Saat Menjadi Pembina Upacara Harkitnas di Lapas Banyuasin

Upacara peringatan Harkitnas ke-110 dilaksanakan di Lapangan Aula Lapas Banyuasin, diikuti oleh seluruh petugas dan WBP. Upacara ini juga dihadiri oleh pelatih dari Balai Latihan Kerja (BLK) Banyuasin.
Reza Yudhistira Kurniawan, Kepala Lapas Banyuasin, saat memberikan sambutan upacara, mengatakan bahwa Pengukuhan Pasukan Merah Putih Narapidana dilakukan sebagai bentuk komitmen serta wujud nyata peran aktif narapidana dalam pembangunan di masyarakat.
Pengukuhan ditandai dengan pemasangan pita merah putih di lengan kanan para narapidana yang telah dipilih. “Pengukuhan ini diharapkan dapat mendorong semangat dan memberikan motivasi Narapidana dalam meningkatkan life skill, guna mendorong mereka untuk dapat mengentaskan diri dari masalah kesejahteraan sesuai dengan semangat kebangkitan nasional,” ujarnya.

Pasukan Merah Putih Narapidana Foto Bersama Ka. Lapas Banyuasin

Pasukan Merah Putih Narapidana yang sudah dibentuk nantinya akan mengikuti pendidikan dan pelatihan pertukangan melalui kerja sama dengan Pemerintah Daerah, Balai Latihan Kerja setempat, Swasta atau badan sosial lainnya. (Rill/mc-lapaba)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *