Kriminal

Terbukti Bersalah Ujang Boy di Vonis 11 Tahun Penjara

on

Lahat, Sumseltoday.com | Ujang Boy, security PT Artha Prigel divonis 11 tahun penjara dalam sidang di PN Lahat Kamis (25/6/20)

Majelis Hakim dalam putusannya menyatakan Ujang Boy terbukti melakukan pembunuhan dan penganiayaan yang berbuntut pada tewas dan luka-lukanya sejumlah petani warga Pagar Batu, Lahat, Sumsel.

Pada tanggal 21 Maret lalu, dua orang petani dan dua lainnya luka tusuk terkait sengketa lahan antara petani Pagar Batu dengan perusahaan sawit PT Artha Prigel. Selain Ujang Boy, polisi hingga kini masih memburu tersangka lain yang juga security PT Artha Prigel. Dua orang petani Pagar Batu yang tewas tertusuk adalah Putra Bakti dan Suryadi. Sedangkan dua petani yang mengalami luka-luka yaitu Sumarlin dan Lion Agustin.

Vonis Majelis Hakim lebih berat dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang melayangkan tuntutan 9 tahun penjara. Dengan putusan tersebut, Ujang Boy terbukti melakukan pembunuhan (pasal 338 KUHP) dan penganiayaan (pasal
351 ayat 1 KUHP).

Kuasa Hukum Warga Pagar Batu Agung Wiranta, SH, MH menyatakan putusan Majelis Hakim membuktikan bahwa petani Pagar Batu terbukti dibunuh dan dianiaya. “Korban selanjutnya akan melayangkan gugatan perdata untuk menuntut ganti rugi. Kita akan segera proses,” tegas Agung.

Pantauan wartawan sebelum sidang puluhan aparat dari kepolisian polres lahat, berjaga di PN, Lahat, dan sejumlah warga desa pagar batu ikut datang mendengar putusan Ujang Boy,

Reporter: antoni(iwo)

Recommended for you