Berita Sumsel

Tepian Sungai Lematang Rusak

on

Lahat (beritasumsel.id) – Intensitas air hujan yang terus mengguyur Kota Lahat membuat sejumlah tempat mengalamai kerusakan. Salah satunya kawasan tepi Sungai Lematang. Kawasan yang biasa menjadi tempat pengunjung datang dari berbagai daerah ini, saat ini tepian tanahnya tergerus oleh luapan air Sungai Lematang.

Tepi Sungai Lematang ini harus mendapat perhatian serius dari instansi terkait agar tidak menghabikan tanah yang ada di sana. Apalagi lokasi tanah yang tergerus akibat air ini berjarak masih di bawah Jembatan Lematang. Bila tidak diperbaiki secepatnya, bukan tidak mungkin pondasi Jembatan Lematang akan terancam kekurangan kekuatannya,” ujar Mohamad Heru, Kades Tanjung Payang Kecamatan Lahat, Minggu (2/4/2016).

Mohamad Heru menambahkan, lebih disayangkan lagi, bebatuan yang ada di sekitar tepi Sungai Lematang banyak diambil oleh para pencari batu. Kondisi ini bila dibiarkan berlaru laru, maka akan merusak kawasan tepi Sungai Lematang.”Setau kami, penambangan material batu tidak boleh di tepi sungai. Melainkan harus berada di tengah sungai. Ini yg terjadi malah di tepi sungai,” tegasnya. Mengapa tidak dilarang? Mohammad Heru sudah berkali kali mengimbau kepada penambang batu, namun mereka tetap saja mengambil batu tersebut. Lagi pula, lokasi pangkalan batu berada di desa tetangga.

Sementara Aktivitis Lingkungan Hidup, Gunawan menyayangkan tidak ada tindakan tegas dari pihak terkait. Sebab masalah ini sudah lama terjadi, namun hingga saat ini belum ada perubahan. “Di tepi Sungai Lematang dulu ada bak sampah yang terbuat dari beton, namun karena tanah disitu terus tergerus air, akhirnya bak sampah di situ ikut roboh dan terbawa air. Sebentar lagi pohon beringin yang berada di tepi sungai itu terancam roboh pula, karena akar akarnya sudah mulai terlihat,” terangnya. (An)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *