Palembang Emas

Tak Sekedar Tempat Nongkrong, Kedai Kopi Seguntang Tawarkan Nilai Sejarah

on

PALEMBANG, Sumseltoday.com– Jelang Asean games destinasi wisata dikota Palembang kian hari kian bertambah, dari tempat nongkrong, wisata belanja, bahkan tempat yang bagus untuk dikunjungipun tak luput terus dibenahi.

Kali ini ada yang berbeda dari tempat nongkrong yang satu ini, yakni “Kedai Kopi Seguntang”. Dilihat dari lokasinya yang terletak di area situs bersejarah, sudah jelas ada yang berbeda dari cafe biasa pada umumnya, bentuk arsitektur bangunan yang tampak modern menambah nilai eksotis sebuah cafe namun memiliki ciri khas tersendiri. Tak hanya menawarkan tempat nongkrong namun cafe ini juga siap memanjakan para pengunjungnya dengan pemandangan yang mengandung nilai sejarah yang tinggi.

Cafe yang memiliki keunggulan berbagai varian sajian kopi ini, seakan menunjukan kekayaan alam dari hasil bumi Sriwijaya, berbagai jenis kopi tersedia disini, dari jenis arabika sampai robusta, yang diolah secara khusus dengan bahan kopi asli Semendo dan kopi asli pagar Alam, penikmat kopi pun akan merasakan kesan berbeda dengan citarasa keaslian khas kopi asal Sumatera Selatan.

Disamping minum kopi, para pengunjung bisa mengelilingi area wisata Bukit Siguntang yang kaya akan nilai sejarah kerajaan Sriwijaya, tak lupa balutan prasasti sejarah banyak tersedia di galeri yang letaknya bersebelahan dengan cafe utama, lahan seluas 16 hektar ini semakin menarik dikunjungi karena merupakan dataran paling tinggi dikota Palembang.

“Bukit Siguntang ini banyak menyimpan nilai-nilai sejarah mulai dari zaman Sriwijaya sampai kedaton Palembang Darussalam.kalau dilihat ketika menjelang magrib juga masih terasa mistiknya,” ujar Gubernur Sumatera Selatan, H.Alex Noerdin, Saat meresmikan Galery dan Kedai Kopi Seguntang palembang, Selasa(26/6/2018)

Dikatakan Alex, “Untuk proyek pembangunan bukit Siguntang sebesar 8 milyar sudah jelas dana tersebut kurang, pembangunan dibawahnya sudah selesai Kalaupun masih bisa dapat disempurnakan lagi”.

“Kita lihat jalan masuk tadi itukan masih tanah,bangunan ada dibawah kalaupun hujan air turun kesana pasti akan banjir dan terendam juga becek, terlalu panas berdebu.jadi tidak boleh lahan jalan terbuka itu harus ada pengerasan paling tidak ada rumput yang pendek biar rapi,”ucap Alex

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,Irene Camelyn Sinaga mengatakan, “klu inikan peresmian galeri dan kedai kopi, nanti akan ada peresmian kawasan, destinasi ini menjadi sesuatu yang bisa mengingatkan kita kembali akan sejarah bangsa. Selain finishing fisik bangunan selanjutnya kita akan fokus persiapan aktraksi dan SDM pada umumnya, harapan saya sebelum Asean games ini Uda selesai secara fisik.

Irene Camelyn Sinaga Kadis Pariwisata propinsi sumatera selatan dan rombongan gubernur terpantau sedang berjalan di koridor kedai kopi seguntang.

Dijelaskan Irene, sebelumnya tingkat animo kunjungan masyarakat cukup tinggi yakni 1200 orang perbulannya, dan hampir 50 persen wisatawan dari Malaysia, hal yang menarik dari tempat ini adalah temuan Arca Budha yang panjangnya 2,57 meter itu ada disini, dan telah diuji oleh para arkeolog pada abad ke empat. Sehingga ini menjadi tempat persembahan dari zaman pra Sriwijaya, kemudian temuan temuan tembikar pada jaman dulu umat Budha melakukan persemediannya melalui alat alat tsb.
Bahkan Menurut hikayat Melayu, manusia yang setengah dewa turunnya dibukit Siguntang ini tertera pada kitab Melayu.dan disanalah turun juga parameswara yang akhirnya membangun Malaka, sehingga tak heran orang Melayu mengatakan bahwa disinilah rumah peradaban mereka”.pungkasnya

Ditambahkan Irene,”Sejauh ini bukit seguntang sebelum ditutup dua tahun terakhir menghasilkan PAD sebesar 200 juta pertahun, dan selalu over target, harapannya semoga Perda perubahan tiket masuk segera direalisasikan dan jumlah pengunjung target 10 ribu pengunjung perbulan akan tercapai. Apalagi ini ada galery sejarah dan kedai kopi pasti akan menambah PAD, Kami yakin bukit seguntang ini memiliki nilai jual sexy bagi parawisata.(red-1)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *