Ogan Komering Ilir

Tak Sekedar Reuni, Acara BETEBAS Sukses Dan Berkesan

on

KAYUAGUNG,Sumseltoday.com–Hari raya idul fitri tak hanya menarik untuk dijadikan moment bersilaturahmi antar keluarga, disaat inilah banyak waktu libur yang tersedia, dan seringkali dijadikan masyarakat sebagai tradisi tahunan untuk mudik maupun saling memaafkan.

Karena tak mau kehilangan moment berharga itulah, sebuah komunitas anak muda yakni Bertemu Teman Bersama Alumni Sekolah (BETEBAS) mengambil kesempatan untuk melaksanakan reuni para alumninya, Betebas merupakan komunitas yang terbentuk dengan dasar kebersamaan yang anggotanya para alumni SMPN 1 Pedamaran Angkatan 1999/ dan SMAN 1 Pedamaran Angkatan 2002.
Komunitas yang sudah terbentuk setahun yang lalu ini telah sukses melaksanakan temu kangen mempererat tali silaturahmi antar anggotanya di halaman SMPN 1 Pedamaran, Selasa(19/06).

Acara yang dihadiri oleh ratusan partisipan BETEBAS tsb berjalan sukses sesuai dengan yang diharapkan, tak hanya menjadi ajang silaturahmi namun komunitas ini berinisiatif menjadi jembatan atau fasilitator para anggotanya.

H.Defriansyah Selaku ketua BETEBAS mengatakan, “dibentuknya Betebas ini guna mempererat tali silaturahmi dan menjadi penjembatani para temen teman satu alumni, kita ketahuilah tak semua teman kita beruntung, nah disinilah ajang kita untuk saling berbagi rejeki maupun peluang untuk saling membantu teman kita satu sama lainnya.”

Dijelaskan Haji Idef (panggilan akrab Defriansyah).” Kamipun mengapresiasi para guru-guru kami disini karena berkat jasa dan ilmu dari beliaulah kami dsini bisa bersaing dengan keadaan ekonomi, dan hidup bermasyarakat saat ini.
Mudah-mudahan kedepannya ajang silaturahmi ini selalu diwarnai dengan kebersamaan gotong royong yang ikhlas saling peduli sesama teman teman kami.

Acara yang direspon positif oleh para guru alumni tersebut, sempat mengundang haru bahagia dan sekaligus gelak tawa yang yang dikemas menarik oleh guyonnya pembawa acara, yakni Nopriadi selaku MC acara, sering kali mengundang tawa dengan balutan penampilannya yang elegan santai, namun tak pelit dengan kelakar humornya.

Bahkan salah seorang perwakilan guru Bpk Suparman Guluk mengatakan.” Reuni ini sangat berkesan dan membuat saya terharu oleh kalian, semoga komunitas BETEBAS ini menjadi jembatani dan fasilitas untuk kalian murid-muridku, untuk saling membantu agar sukses ke depannya.” Ujarnya.

Sementara itu, Iwan Saputra selaku koordinator acara reuni mengatakan, “acara ini sangat sukses, karena dihadirinya oleh lebih dari 50 persen jumlah Alumni, jumlah keseluruhan para alumni kita 210 orang, namun yang hadir hari ini melebihi 150 orang partisipan, ini luarbiasa kami juga ga nyangka bakal meriah dan berkesan seperti ini, adapun sebagian kecil yang tidak hadir, karena masih diperantauan.
Semoga ini menjadi awal yang bagus bagi Betebas untuk exist menjadi wadah para alumni untuk saling berkomunikasi dan saling membantu.” Ujarnya


Dijelaskan Iwan, “ide dibentuknya komunitas BETEBAS itu karena berawal sulitnya menjalin silaturahmi antar teman sebaya Alumni, semuanya sudah punya kesibukan masing-masing,”
“Naah…! kenapa diambil namanya Betebas, Karena Kosakata “betebas” itu tak hanya singkatan dari kepanjangannya yang bagus, tapi artinya dan makna kata inipun mengandung filosofi yang menarik, kita ketahuilah hampir 20 tahun sudah tamat SMP, teman teman kita sudah berbeda dengan lintas profesinya masing-masing. Ada yang berpangkat, ada pns, ada yang wirausaha, ada yang sukses, dan tak sedikit juga temen kita yang belum beruntung. Dengan berbagai kesenjangan kesejahteraan sosial itulah kita berinisiatif untuk tidak saling membeda-bedakan.
Makanya Betebas itu mengandung filosofi Seperti rumput yang baru di tebas, rata dan sama panjangnya, tidak ada yang lebih tinggi, kita disini sama seperti saat kita masih sekolah dulu, suasananya berteman seperti saat masih Smp,  tidak ada yang merasa lebih tinggi atau berduit, karena kita sama dan kita bersaudara”. Ujarnya. (red-1)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *