Lahat

Subrannudin Kepala Bapenda Lahat Klarifikasi Tentang SPPT Rumah Ibadah

on

Lahat, Sumseltoday.com | Beredarnya pemberitaan tentang adanya SPPT rumah ibadah (masjid) di beberapa media online kepala Bapenda Lahat Subrannudin SE., MAP saat dikonfirmasi oleh beberapa awak media. Kamis (18/2/21)

Mengklarifikasi apa yang sebenarnya terjadi terkait adanya pemberitaan tentang pungutan Pajak Rumah ibadah / masjid yang terletak di RT 004 RW 02 Talang jawa selatan.

Dijelaskanya Rumah ibadah, sekolah dan fasilitas umum tidak akan dipungut pajak karena sudah ada aturanya dari negara.

Subran menjelaskan bahwa, berawal dari pendataan yang dilakukan oleh PT.CITRA CO ditahun 2020 dan dibantu RT dan RW setempat, mereka melakukan pendataan Warga RT004 RW 02 TALANG JAWA SELATAN yang hasil dari pendataan tersebut diserahkan ke BAPENDA LAHAT untuk dibukukan secara administrasi.

Lanjut Subran, setelah dibukukan secara administrasi , “kami BAPENDA akan memberikan SPPT ( surat pemberitahuan pajak terhutang ) sesuai dengan data yang diberikan PT.CITRA CO selaku pihak ketiga dan pastinya diketahui RT / RW SETEMPAT”, ujarnya.

“Setelah SPPT diberikan kepada pemerintah setempat dan atau ada yang Langsung diberikan kepada warga , kami BAPENDA Lahat memberikan waktu tiga bulan untuk menyangga ( surat sanggahan ), bila ada RUMAH IBADAH , SEKOLAH DAN PASILATAS UMUM yang termasuk atau tercecer dalam pencatatan yang dilakukan,”tutur subran

Subran selaku kepala Dinas Bapenda Lahat mengatakan ” akuni jeme muslim , kalu pacak nak nyumbang bukan nak disumbang apalagi dengan sengaja memungut biaya SPPT masjid.

Dengan adanya pemberitaan ini menjadi bahan evaluasi kami untuk berbenah lagi kedepan dan saya pribadi memohon maaf kepada masyrakat atas adanya kekeliruan ini dan kepada tuhan saya mohon ampun , dan kami Atas nama BAPENDA LAHAT tidak akan menyalahkan dan mencari pembenaran,”ujar Subran. (ST)

Jurnalis ( don )

Recommended for you