Bisnis

Sendal Jepit Kekinian, Produk Unggulan Lapas Banyuasin

on

Banyuasin, Sumseltoday.com – Selain menjalani masa hukuman, warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banyuasin diberikan pelatihan kerja yaitu mengembangkan produksi sandal kekinian. Hebatnya, produksi sendal warga binaan ini telah terjual hingga ribuan pasang.

Bertempat di bengkel kerja Lapas Banyuasin, produksi sendal kekinian tersebut dilakukan oleh sekitar 7 warga binaan Lapas Kelas III Banyuasin. Meski baru berjalan sekitar 2 bulan, namun produksi sandal terus meningkat lantaran tingginya permintaan.

Bahan yang digunakan pun berkualitas baik, dikarenakan Lapas Banyuasin bekerja sama dengan produksi busa di Bandung, Jawa Barat. Sementara itu, alat yang digunakan pun cukup modern meskipun masih manual.

Hasil sandal yang diproduksi pun kian menyesuaikan keinginan pasar. Jika sebelumnya memadukan warna-warni bahan, maka sekarang mulai dipadu-padankan dengan tulisan-tulisan bermotif kekinian hingga disukai remaja “Zaman Now”.

Eriyanto, Salah satu warga binaan yang terlibat dalam produksi sandal yang kini mulai terkenal di media social mengaku sempat kesulitan, namun berkat bimbingan dan arahan petugas, kini sudah mampu membuat sandal mencapai 100 pasang sandal dalam satu hari.

“Saya baru bergabung sekitar 3 bulan, diawal sempat kesulitan namun kami diberikan pelatihan dan bimbingan oleh petugas, sehingga sekarang tidak lagi kesulitan dalam menggunakan alat produksi, saat ini kami mampu memproduksi 100 sandal dalam satu hari” jelas Eriyanto.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas III Banyuasin Reza Yudhistira Kurniawan menerangkan bahwa selama 3 bulan sejak berjalannya produksi sandal ini sudah terbuat sekitar 1000 pasang sendal lebih, dan permintaan paling banyak datang dari mantan warga binaan Lapas Banyuasin sendiri yang terjun ke dunia bisnis.

“Alhamdulillah sejak berjalannya produksi sendal ini, respon dari masyarakat sangat baik dan antusias untuk membeli sandal disini, lantaran selain motifnya kekinian, harga disinipun terjangkau”, ujarnya.

Selain dijual secara komersil, Lapas Banyuasin juga membuat sandal khusus untuk tempat ibadah yang nanti akan diberikan secara gratis. Tidak hanya itu, untuk pengembangan lebih lanjut Lapas Banyuasin sudah merencanakan untuk memproduksi sepatu kulit bekerja sama dengan pengrajin sepatu di Jawa Barat. (*)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *