Lahat

Sekda Lahat Hadiri Pembukaan KOSN SMK Se-Sumsel di Lahat

on

Lahat, Sumseltoday.com – kontingen sebanyak 270 atlet dari 17 Kabupaten kota Se-Provinsi Sumatera Selatan, mengikuti kejuaraan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) SMK tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2020 yang berlangsung selama 2 hari dimulai pada tanggal 10–11 Maret 2020.

Kejuaraan yang di gelar Gedung Olahraga Kabupaten Lahat, di buka langsung oleh staf khusus Gubernur Riza Fahlevi, dan mempertandingkan Lima cabang olahraga yakni, Atletik, Bulutangkis, Renang, dan Pencak Silat.

Mutia, S.Kom selaku Ketua Panitia KOSN SMK mengatakan, Kompetisi Olahraga Siswa Nasional mengacu pada sistem pendidikan nasional yaitu Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2006 tentang pembinaan prestasi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 tahun 2008 tentang pembinaan peserta didik.

Adapun tujuan di laksanakannya KOSN ini adalah yang pertama untuk menumbuhkan iklim kompetisi yang sehat di lingkungan peserta didik jenjang pendidikan menengah, kemudian memacu terjadinya peningkatan mutu pendidikan khususnya bidang olahraga pada jenjang pendidikan menengah, mempererat persahabatan persatuan dan kesatuan bangsa sesama siswa yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan dan budaya yang berbeda di 17 kabupaten kota di Provinsi Sumatera Selatan.

“Peserta KOSN ini adalah siswa juara 1 tingkat kabupaten kota pada masing-masing cabang olahraga yang di pertandingkan sudah melalui seleksi ketat, sebanyak 270 peserta kontengen dari 18 kontingen berasal Se-Sumatera Selatan,”Ujar Mutia.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Lahat Januarsyah mengatakan, melalui kegiatan ini agar para pelajar tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik akan tetapi juga menyangkut aspek non akademik sehingga dengan begitu siswa diharapkan memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan sesuai karestik dan perkembangannya.

”Oleh karena itu, melalui kompetisi olahraga siswa nasional jenjang SMK tingkat Provinsi ini diharapkan dapat meningkatnya kondisi kesehatan jasmani siswa dalam rangka menunjang peningkatan kualitas akademik, terjadinya bibit-bibit atlet berbakat bidang olahraga untuk dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan, guna menghasilkan siswa terbaik di masing-masing cabang olahraga yang mampu berprestasi mengharumkan Marwah daerah,”tegas Januarsyah.

Terpisah, Kepala SMK Negeri 1 Lahat, Abdul Rahman menuturkan ada 10 orang peserta yang akan diturunkan dalam kejuaraan ini.

“Pelajar yang diturunkan ini merupakan para juara KOSN tingkat Kabupaten beberapa waktu yang lalu, untuk cabor sendiri ada lima Renang,atletik, Pencak silat,karate dan Batminthon. Kita tidak muluk-muluk untuk bicara target, namun menargetkan satu emas saja cukup,” pungkas kepala sekolah smkn1. (TON.08)

Recommended for you