Lingkungan

Segera Pasang PDAM Di Kecamatan Lubuk Raja

on

OKU, Sumseltoday.com – Kecamatan Lubuk Raja yang selama ini di gadang gadang pemasangan saluran air bersih (ledeng) untuk Masyarakat seperti nya kelak sebentar lagi akan segera terwujud. Rabu (27/12).

PDAM Ogan Komering Ulu (OKU) Sumsel, Pasal nya semua rencana program yang telah disambut gembira oleh masyarakat Trans Batumarta Kecamatan Lubuk Raja tersebut. semua nya di perkirakan akan segera terlaksana dalam waktu dekat beberapa bulan ini, tepat nya pada maret 2018 nanti.

Dimana pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di kecamatan lubuk raja itu akan menelan dana sebesar Rp.40 miliar. Yang dianggarkan dari dana pusat dan provinsi serta di tambah dengan dana APBD, yaitu masing-masing dari, Kementerian PU Satuan Kerja Air Bersih sebesar Rp19 miliar, Kementerian PU Sumber Daya Alam (SDA) Rp16 miliar, sedang kan bantuan dari Provinsi Sumsel yaitu dari Dinas Perumahan Pemukiman sebasar Rp1,5 miliar dan untuk dana tambahan menggunakan APBD OKU sebesar Rp.4 miliar.

Dirut PDAM OKU, H Abi kusno SE. Menyatakan semua nya nanti akan di kerjakan oleh dinas, kami disini hanya bersifat menerima saja.

”Semua nya nanti akan di kerjakan oleh Dinas terkait,  kami disini hanya bersipat menerima saja. Dan hasil dari pekerjaan itu nanti nya setelah di serah kan kepada kami, maka akan kami kelola sebagaimana fungsi nya” tuturnya

Ia menjelas kan, rencana pembangunan Spam di Kecamatan Lubuk Raja tersebut sebelumnya memang telah lama diajukan dan diusulkan pihaknya ke pusat maupun provinsi yakni sejak awal tahun 2017 ini. Setelah diajukan pihaknya, selanjutnya dengan ketekunan dan kerja keras pihak PDAM OKU proposal rencana pembangunan Spam Kecamatan Lubukraja ini akhirnya diterima dan disetujui oleh pusat maupun provinsi.

“Untuk tahap awal dengan dana Rp40 miliar tersebut nanti nya akan terlebih dahulu di bangun dermaga khusus untuk Intek pompa air, berbeda dengan boston seperti yang kita pakai selama ini, lokasi pembangunan intek ini diseberang Desa Lubuk Batang Baru, dengan sumber air dari sungai ogan, lalu lanjut kan dengan pembuatan IPA (instalasi penyaringan air) di Desa lekis rejo unit 3 yang berjarak sekitar 17 kilo dari lokasi intek tadi, sedang kan untuk pembangunan boster berada di unit 2, tidak jauh dari lokasi IPA” tambahnya.

Ia menegaskan bahwa intek pompa air, boster serta jaringan transmisi distribusi mempunyai kekuatan berkapasitas 60liter perdetik.

“Intek pompa air, IPA, boster serta jaringan transmisi distribusi ini berkekuatan dengan kapasitas 60 liter air perdetik. Dan ini bisa menampung sebanyak 5000 ribu pelanggan. Dengan ada nya pembangunan SPAM ini tentu nya kita bisa mentarget kan penambahan sekitar 2000 ribu pelanggan lagi di tahun 2018 nanti, belum lagi di tambah dengan jumlah 14 ribu pelanggan kita yang aktiv sekarang, karna ditahun 2017 ini saja kita telah berhasil menambah pelanggan sebanyak 2000 ribu” tegasnya.

Dan ia pun menjelaskan ini adalah hasil kerja keras kami sebelumnya,yang sudah bekerja sepenuhnya untuk meningkatkan kualitas.

“Dimana ini semua berkat hasil kerja keras kami sebelum nya, yang sudah bekerja dengan sepenuh nya yaitu meningkat kan kualitas dan kuantitas serta selalu mensosialisasikan program cuma Rp.500.000 (lima ratus ribu rupiah) untuk pemasangan saluran air atau ledeng kerumah rumah penduduk ” jelasnya

Bahkan kami pun kedepan nya akan meningkatkan diri lagi.

“Mudah-mudahan kedepan nya kami pihak PDAM OKU ini bisa terus lebih meningkat kan diri lagi, tentu nya semua yang sudah terlaksana ini berkat dukungan dari semua pihak, khusus nya Pemkab dan masyarakat OKU”pungkasnya. (yos)

Editor : FSS

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *