Banyuasin

Sebanyak 15.016 Kartu Indonesia Sehat di Banyuasin Tidak Aktif

on

Banyuasin Online, Pangkalan Balai – Sejumlah 15.016 penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kabupaten Banyuasin belum bisa menggunakan fasilitas berobat dari KIS. Penerima KIS di Kabupaten Banyuasin berjumlah 302.097 jiwa, dan 15.016 Jiwa penerima KIS tidak aktif.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banyuasin Roni Utama melalui Kabid Bantuan Jaminan Sosial (Banjansos) Ahmad Riduan, Rabu (11/5). Menurut Ahmad Riduan, dari 15.016 jiwa penerima KIS tidak aktif itu baru 80 jiwa yang melaporkan dan meminta untuk KIS nya diaktifkan.

KIS  yang tidak berfungsi itu jika dipergunakan warga ketika akan akan berobat tidak bisa karena tidak terdata di BPJS sebagai Pemilik kartu jaminan kesehatan nasional.

“Surat rekomendasi akan kami kirim ke Tim Nasional Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) barulah kementerian sosial yang akan mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat,” terangnya.

Dalam 6 bulan rekomendasi akan diverifikasi kembali oleh Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK). Tujuannya untuk perubahan data warga yang mungkin ada yang sudah meninggal atau sudah berubah status dari miskin sudah menjadi tidak miskin.

“Kita berharap masyarakat agar dapat mempergunakan Program kesehatan dari pemerintah tersebut dengan sebaik-baiknya,” tandasnya. (Click/bo)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *