Headline

Sarimuda – Rozak Lawan Kuat Bakal Calon Walikota Palembang

on

Palembang, Sumseltoday.com – Ir. H. Sarimuda Sarnubi MT. dan Ir. H. Kgs. Abdul Rozak MSi, bahwa pasangan ini bakal calon Walikota Palembang tapi tidak akan lolos karena kurang kursi partai pendukung, ternyata isu itu tidak terbukti.

Sarimuda-Rozak memastikan bisa ikut pemilihan Walikota Palembang tahun 2018 yang akan datang karena telah mendapat 13 kursi dari 3 partai.

Pasangan ini telah mendapat dukungan 3 partai besar yakni Partai Keadilan Sejahtera (3 kursi), Partai Nasional Demokrat (NasDem) (5 kursi) dan Partai Gerindra (5 kursi) jadi total 13 kursi. Pasangan Sarimuda-Rozak merupakan lawan kuat pasangan pertahanan, Harnojoyo-Fitrianti.

Bahkan lawan yang ditakuti,  Pasalnya pada pemilihan Walikota Palembang periode 2013-2018 lalu sebenarnya pasangan Sarimuda-Nelly Rasdiana yang menang. Hasil penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umun (KPU) Palembang, Sarimuda-Nelly unggul 8 suara dari pasangan Romi Herton-Harnojoyo.

Namun karena Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang saat itu dijabat Akil Mochtar telah disogok, akhirnya keluar putusan yang berbalik. Malah pasangan Romi Herton-Harnojoyo yang dimenangkan. Dizolimi begitu tetap membuat Sarimuda legowo.

Namun akhirnya perbuatan jual beli putusan di MK itu terbongkar juga. Bermula Akil Mochtar menerima suap dari  pengacara Bupati Lebak, Banten dan tertangkap tangan KPK. Dari situ penyidik KPK terus melakukan pengembangan sehingga terbongkar juga aksi suap yang dilakukan Romi dan H Budi Antoni, Bupati Empatlawang (juga ditahan bersama istrinya). Akil Mochtar termasuk Romi Herton dan istrinya, Mashito dipenjara. Romi akhirnya meninggal dunia di penjara karena sakit.

Pasangan Petahanan didukung 6 partai yakni Partai Amanat Nasional (4), Partai Kebangkitan Bangsa (5), Partai Persatuan Pembangunan (2), Partai Bulan Bintang (2), Partai Demokrat (7), Partau Demokrasi Indonedia-Perjuangan (9). Jumlah kursi pendukung petahana 29 kursi.

Sementara H Mularis Djahri SH baru mengantongi 9 kursi (Hanura 3 kursi ditambah Golkar 6 kursi). Masih kurang 1 kursi lagi agar dapat lolos persyaratan lolos ikut pemilihan Walikota Palembang tahun depan.

” Insya Allah saya diusung Partai Gerindra.Dengan demikian sudah 13 kursi sudah lebih dari persyaratan ,” kata Sarimuda saat dihubungi  Kamis (14/12/2017) pagi.

Lebih lanjut, mantan Kadishub Sumsel ini, menyatakan semua dukungan partai itu sudah ada Surat Keputusan (SK) semua.

” Bagi saya tidak masalah head to head dengan petahana ataupun dengan pasangan lain bagi saya sama saja,”tegas Sarimuda.

Dukungan Partai Gerinda terhadap Sarimuda-Rozak bukan isapan jempol. Ketua DPD Partai Gerindra Sumsel H Saefudin Aswari Rifai SE,  mengakui arah partai pimpinan Prabowo Subianto itu mendukung pasangan Sarimuda-Rozak pada pemilihan Walikota Palembang tahun depan.

Editor : FSS

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *