Nasional

Rutan Pakjo Sulap Lahan Kosong Jadi Lahan Pertanian.

on

PALEMBANG.Sumseltoday.com– Ada pemandangan yang menarik dari Rumah Tahanan Klas 1  Palembang, Rutan yang biasa dikenal dengan nama Lapas Pakjo ini berhasil menyulap Lahan kosongnya menjadi lahan pertanian hijau. Kamis(27/02)

Inovasi lingkungan Lapas ini berhasil merubah image penjara yang selama ini berkesan seram dan kejam, kini menjadi lingkungan asri dan hijau.

Hasil pantauan awak media, beraneka tanaman dan sayuran tumbuh menghiasi sepanjang dinding penjara, dari sayuran tomat, jagung, terong, cabe dan lainnya

Kepala Rutan Klas I Palembang H Mardan SH mengatakan,  Kegiatan pertanian ini sudah berjalan satu tahun dan berpengaruh positif bagi warga binaan, selain mengisi waktu yang kosong kegiatan ini juga berdampak baik bagi karakter para napi tersebut.

Kepala Rutan Klas I Palembang H Mardan SH

“lahan kosong ini kami manfaatkan bersama Warga Binaan (WB) dengan kawan kawan petugas disini untuk dijadikan lahan produktif, paling tidak kami mempunyai suatu karya mengisi waktu kosong warga binaan kami, memberikan nilai positif, memberikan pembelajaran kepada mereka, sehingga terisi waktu kosongnya dalam menjalani hukuman menjadi lebih baik” Ujarnya

Agar kedepan mereka mempunyai arti lebih, sesuatu permasalahan itu yang ditebusnya di Rutan ini mempunyai nilai yang bermanfaat, terutama bagi dirinya sendiri, keluarganya, dan masyarakat” ungkap Mardan.

Hasil tanaman dan sayuran ini ternyata diminati oleh masyarakat, tak sedikit pengunjung yang sedang membesuk keluarganya yang menjalani hukuman ikut membeli sayuran tersebut.

“Mereka kan sedang membesuk keluarganya, melihat hasil sayuran ini di pajang di depan iya langsung minat untuk beli” ujar Mardan.(**)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *