Palembang Emas

Rektor Baru, Gubernur Berharap UIN Menjadi Kampus Islam Kelas Dunia

on

Harianpalembang.com, PALEMBANG – Gubenur Sumatera Selatan Ir.H.Alex Noerdin berharap kepada Rektor baru Universitas Islam Negeri Raden Fattah (UIN) Palembang, HM Sirozi, agar bisa menjadikan UIN sebagai kampus Islam berintegritas kelas dunia di Indonesia.

Hal ini dikatakannya saat memberikan sambutan acara pisah sambut Rektor UIN, di Kediaman Gubernur Griya Agung, Sabtu Malam (4/6). Ini akan menjadi tantangan dan tanggungjawab bagi HM.Sirozi setelah menerima tongkat kepemimpinan dari Prof Aflatun Muchtar pada tangggal 12 Mei 2016 yang lalu.

Prof.Aflatun telah mengabdikan profesinya selama 8 tahun 9 bulan, dan jerih payahnya telah berhasil merubah status kampus, yang sebelumnya Institut menjadi universitas.

Alex Noerdin mengatakan bahwa, Aflatun mempunyai tekad semangat yang luar biasa membangun UIN, bahkan perjuanganya banyak orang yang tidah percaya, tidak mendukung, akan tetapi pernyataan itu telah dibuktikannya dengan kerja kerasnya membuat UIN menjadi kampus salah satu terbaik di Sumsel.

“Saya katakan kepada pak Sirozi bahwa tugas ini sangat berat untuk meneruskan kinerja pak Aflatun. Kita ucapkan terimakasih kita pak Aflatun, perjuangan panjang, melelahkan. capek, tapi berkat bantuan semua para sahabat ini bisa terwujud,” ucap Alex,

UIN sedang melaksanakan pembangunan kampus B di kawasan wilayah Jakabaring, tanahnya merupakan hibah Pemerintah Sumatera Selatan seluas 350 hektar.

“Bila nanti, gedung tersebut telah selesai dibangun, diharapkan UIN juga bisa bersaing dengan Universitas Sriwijaya Palembang, untuk bersama-sama kampus negeri di Sumsel bisa meningkatkan kualitasnya dan takkan kalah dengan kampus lain di Indonesia,” ujar Alex.

“Hati-hati nanti bisa terlewati Unsri, memang harus bersaing, kalau mau maju harus bersaing, kalau tidak sama-sama lambat majunya,” kata Alex lagi.

Sementara Rektor lama UIN, Aflatun Muchtar menyampaikan rasa harunya, meninggalkan kesan suka dan duka yang mendalam, karena kerja kerasnya telah usai. Namun dalam perjalanan panjang yang dilalui selama ini tak sia-sia, ketika UIN dipimpinnya kampus Islam tersebut bertrasformasi menjadi kampus paling disegani, dengan mendapatkan perubahan status kampus, mendapatkan dana dari Islamic Development Bank, memperoleh tanah hibah dari Pemprov Sumsel untuk pembuatan kampus baru.

“Ini sebagai rezeki bagi mahasiswa dan seluruh civitas kampus. saya juga sangat berterimakasih kepada bapak H.Alex Noerdin membantu tanpa pamrih, semenjak dia menjadi Bupati, atas dedikasinya kepada UIN Raden Fatah,” ucap Aflatun.

Sementara Rektor Baru UIN, HM. Sirozi berujar, kepemimpinan masa pak Aflatun sebenarnya sudah sukses, dan ia mempunyai tugas yang harus bisa diteruskan lebih baik lagi. Dan ia berharap Aflatun kelak mendapatkan amal jariahnya karena telah membesarkan UIN Raden Fattah.

“Bapak Gubernur sudah membisikan saya tadi, ini tugas berat, tapi dengan ketulusan kerja Insya Allah saya bisa mewujudkan UIN Raden Fattah bisa berkarakter dan berpikiran agamis, dan selanjutnya bisa menjadikan UIN sebagai kampus islam bertaraf internasional. Kemudian untuk seluruh civitas kampus agar bisa merubah pikirannya kedepan untuk bagaimana bersama bekerjasama untuk membangun UIN lebih baik lagi,” tandas Sirozi.

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *