Banyuasin

Razia Rutin, Lapas Banyuasin Komitmen Tertibkan Penggunaan HP dalam Lapas

on

Banyuasin, Sumseltoday.com – Lembaga Pemasyarakaran Kelas III Banyuasin, menggelar razia malam ke kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dipimpin langsung oleh Kasubsi Keamanan dan Ketertiban (Kamtib), Muamar Fihri. Kamis (14/02/2019)

Razia ini merupakan tindak lanjut dari intruksi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banyuasin nomor W6.PAS.PAS.10.UM.01.01-104 Tanggal 13-02-2019 yang salah satu isinya adalah memberantas peredaran Handphone untuk memutus jaringan Narkoba.

Kepala Lapas Kelas III Banyuasin melalui Kasubsi Keamanan dan Ketertiban, Muamar Fihri mengatakan, razia ini sekaligus memperingatkan kepada WBP untuk tidak menggunakan alat komunikasi apapun ke dalam Kamar.

“Kita ingin bebaskan lapas kita dari Handphone, pungutan liar dan narkoba. Hal ini dilakukan demi mewujudkan Lapas Banyuasin menjadi instansi yang profesional dan bersih, sehingga menjadi kebanggaan dan kepercayaan masyarakat,” jelasnya.

Muamar menjelaskan, meski razia selalu dilakukan, namun masih tetap saja ada penyelundupan HP ke dalam Kamar. Oleh karena itu, razia akan lebih ketat lagi dilaksanakan.

“Dari razia malam ini, kita berhasil temukan 8 buah HP, 11 buah Charger,11 buah headset, 5 buah sendok logam. Selanjutnya barang tersebut akan dibuat berita acara dan akan kita tindak lanjuti,” jelasnya.

Lebih lanjut, Muamar mengatakan, berdasarkan data dan fakta yang ditemukan, peredaran Narkoba di dalam Lapas/rutan tidak lepas dari penguasaan alat komunikasi oleh WBP, sehingga dia dengan leluasa mengendalikan jaringan tersebut dari balik jeruji. Selain itu turut pula dicurigai peran serta oknum pegawai yang membantu proses peredarannya.

“Intinya komitmen atau upaya kita untuk memerangi narkoba akan selalu kita gaungkan, tentu dukungan dari semua pihak baik dari petugas maupun masyarakat sangat kita butuhkan. Gelorakan agar lapas kita bersih dari halinar,” tutupnya. (*)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *