Ekonomi

Ramadhan Sebentar Lagi, Ini Tips Kelola Keuangan Hadapi Bulan Suci Ramadhan

on

Harianpalembang.com – Banyak orang kebingungan saat mengatur keuangan menghadapi bulan suci Ramadan. Anda berpikir ketika bulan puasa tiba, pengeuaran uang cenderung lebih sedikit dibanding hari biasanya.

Padahal, ketika berpuasa, Anda memang tidak mengeluarkan uang untuk jajan, tapi Anda justru mengeluarkan uang lebih banyak saat berbuka. Misalnya, pengeluaran untuk berbuka puasa bersama teman-teman.

Untuk mencegah kesalahan dalam pengaturan keuangan di bulan Ramadan diperlukan trik jitu seperti menyiapkan rencana keuangan dua bulan sebelumnya.

Mengutip dari destinationksa.com, berikut adalah trik-trik jitu sebelum menghadapi bulan puasa.

1. Buat rencana keuangan dua bulan sebelumnya
Siapkan rencana keuangan Anda jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadan. Hal ini untuk menjaga pengeluaran keuangan yang berlebihan di bulan yang suci ini, ditambah lagi akan ada pengeluaran ekstra di ujung Ramadan yaitu hari raya Idul Fitri.

2. Selesaikan semua masalah keuangan sebelum ramadan
Jika Anda memiliki masalah keuangan seperti masih ada utang ke teman, lunasilah sebelum menginjak bulan suci. Jika teman Anda menagih saat bulan puasa, hal ini akan membuat rencana keuangan yang dibuat jauh-jauh hari berantakan.

3. Siapkan cukup uang tunai di rumah atau di kantor
Ketika Anda berpuasa di bulan Ramadan, maka akan kekurangan energi untuk berpergian. Akan sangat menghabiskan tenaga jika Anda kehabisan uang tunai dan tidak menyiapkannya terlebih dahulu.

Anda harus mencari ATM yang kerap kali penuh antrean jelang buka puasa. Maka dari itu sebaiknya, siapkanlah uang tunai yang cukup.

4. Hitung pendapatan untuk membayar zakat
Umat islam diwajibkan membayar zakat sebesar 2,5 persen dari pendapatan selama satu tahun. Periksalah saldo rekening sebelum bertemu dengan ramadan, lalu hitunglah pendapatan Anda dan sisihkanlah untuk membayar zakat.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kehabisan uang sebelum membayar zakat, dan membuat Anda melalaikan kewajiban sebagai seorang muslim. Pengaturan keuangan saat Ramadan pun akan lebih terkoordinasi dengan melakukan hal ini. (Money/BO)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *