Ogan Komering Ulu

Polsek Semidang Aji Terima Serahan Senpi Dari Warga Ulak Pandan

on

BATURAJA, Sumseltoday.com – Dalam rangka menciptakan dan menjaga kemanan agar tetap selalu kondusif aman dan tentram, kepolisian sektor (Polsek) kecamantan Semidang Aji kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Iptu Mardin AL SH, beserta jajaran selalu berupaya menjalan kan tugas dengan rasa tanggung jawab.

Banyak hal yang dilakukan, seperti menghimbau masyarakat melalui kepala desa masing masing daerah dan melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat, juga menggunakan media elektoronik yang ada, yaitu berkomunikasi melalui pesan Whatsapp dengan cara membentuk grup Whatsapp supaya bisa menerima dan memberi informasi yang ingin di sampaikan kepada masyarakat.

Seperti salah satu nya menyampaikan pesan Maklumat Kapolda Sumatera Selatan Nomor : 05 / XI. / 2017 Tentang Sanksi Pidana Kepemilikan Senjata Api, Amunisi dan Bahan Peledak ilegal dan sanksi apa yang akan di terima apa bila ada masyarakat yang memilik kedua benda tersebut.

Ternyata maklumat tersebut di respon dan disambut positif oleh masyarakat dengan ada nya salah satu warga yang telah menyerah sepucuk senpi milik nya yang di duga ilegal.

Di katakan Kapolsek Semidangaji Iptu Mardin AL SH, jika sehari sebelum menjelang ditutupnya Operasi Sapu Jagat, warga Desa Ulakpandan Indra Wardiman Bin Markom (42) menyerahkan senpi ke polisi.

Penyerahan senpi ini didampingi oleh Kepala Desa Ulakpandan Herwandi, Kamis (16/11).Menurut Kapolsek, jenis senjata yang diserahkan laras panjang berjenis locok.

Kedatangan kades dan warga yang menyerahkan senjata api secara sukarela ini disambut baik oleh Kapolsek Semidangaji diampingi oleh Kanit intel polsek Semidang aji Aiptu Hartomi dan kanit Reskrim Semidangaji Bripka Alip.Di kesempatan itu Kapolsek Semidangaji menyatakan bangga dan berterima kasih kepada masyarakat yang sudah kooperatif dan merespon dengan positif juga dengan rasa sukarela serta kesadaran diri yang tinggi menyerahkan senjata api ini.karna selama operasi pihaknya memang rutin melakukan pendekatan kepada para kades diwilayah hukum Polsek Semidangaji, melalui pesan whatsapp dan kades diberikan pemahaman tentang bahaya menyimpan dan memiliki senjata api ilegal.

Pihaknya sudah bersinergi dengan tokoh masyarakat setempat, menyusul disosialisasikannya Maklumat Kapolda Sumatera Selatan tersebut dengan cara mengirimkan maklumat kepada kepada desa melalui grup WA, cara ini dinilai efektif dan efisien.

Selanjutnya para kepala desa atau tokoh masyarakat setempat akan melakukan meneruskan pesan kepada warga.

Untuk selanjut nya, apabila ada warga yang mau menyerahkan senpi maka akan dibantu oleh kades maupun tokoh masyarakat untuk menyerahkankan senpi mereka ke polisi. Bahkan polisi juga bisa diminta melakukan jemput bola datang ke desa bersangkutan untuk menerima serahan senpi dari warga.

Seperti yang pernah dilakukan sebelum nya, Kapolsek Semidangaji Iptu Mardin AL SH beberapa waktu lalu datang ke Desa Panaimakmur untuk mengambil serahan senjata dari masyarakat.

Kapolsek juga tidak lupa menghimbau agar masyarakat yang masih menyimpan atau memiliki senpi lokal dirumah agar menyerahkan ke kantor polisi.“Jangan takut tidak akan kita proses hukum bagi yang dengan kesadaran sendiri mau menyerahkan senpi,” imbuh Kapolsek. (Yos/hend)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *