Banyuasin

Petani di Daerah Irigasi Rambutan Optimis terhadap Program IPDMIP

on

Rambutan, Banyuasin. Petani dilokasi Daerah Irigasi Rawa (D.I.R.) Rambutan Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin optimis pembangunan irigasi di daerah ini akan terwujud melalui program Integrated Partisipatory Development Management Irigation Program (IPDMIP). Program pembangunan irigasi yang melibatkan partisipasi masyarakat pemakai air yang diselenggarakan secara integrasi melalui instansi pemerintah diantaranya Bappeda, Dinas PUTR dan Dinas Pertanian yang baru dimulai 2018 disambut petani dengan sangat baik.

Seperti disampaikan tokoh pemuda petani Rambutan, Hendri, SP Petani sangat mengharapkan Program IPDMIP mempunyai hasil pembangunan irigasi yang tepat sasaran dan sesuai dengan aspirasi masyarakat petani.

Pelaksanaan program IPDMIP ini sangat sesuai dengan visi misi Bupati Kabupaten Banyuasin terpilih yaitu program petani bangkit. Program ini diyakini bisa membangkitkan kemajuan petani di D.I.R. Rambutan yang wilayahnya mencakup 4 (empat) desa yaitu desa tanjung kerang, desa durian gadis, desa parit dan desa baru.

Menurut Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) Program IPDMIP Daerah Irigasi Rawa (D.I.R) Rambutan, Dedi Kurniawan, SE sekarang ini Program baru memasuki tahap perencanaan dan telah dibentuk Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) yang akan mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier. Peran lembaga ini nantinya secara khusus mewadahi para petani yang terkait dengan tata kelola air irigasi di tingkat usaha tani sekaligus pengelolaan sumber daya air lainnya untuk meningkatkan produksi pangan dan kepentingan pembangunan pertanian pedesaan di D.I.R. Rambutan. Berkaitan dengan pembangunan fisiknya kemungkinan akan dilaksanakan Tahun 2020 yang akan dikoordinir oleh dinas terkait.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *