Banyuasin

Pengunjung Lapas Banyuasin Dapat Penyuluhan Hukum Gratis

on

Banyuasin, Sumseltoday.com – Dalam rangka mewujudkan penegakkan hukum yang berkeadilan, Lapas Kelas III Banyuasin terima sosialisasi Bantuan Hukum Gratis dari Penyuluh Hukum Ahli Madya Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Asnedi. Selasa (21/5) di Ruang Kunjungan Lapas Banyuasin.

Lapas Kelas III Banyuasin selalu memfasilitasi warga binaannya baik yang mampu maupun yang kurang mampu untuk dapat memperoleh bantuan Hukum. Kali ini sasaran utama sosialisasi adalah pengunjung, dimana merekalah yang akan sangat berperan dalam pengajuan ke Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Kegiatan ini bertemakan, “bantuan hukum gratis untuk rakyat miskin.” Asnedi didampingi oleh Kasubsi Pembinaan dan Kasubsi Admisi dan Orientasi Lapas Banyuasin dengan ramah menyapa dan memberikan wejangan serta bimbingan kepada pengunjung yang hadir.

Asnedi mengatakan, bantuan hukum ini sangat diprioritaskan kepada Warga Binaan yang berstatus Tahanan, karena selama proses persidangan mereka akan dibantu untuk melakukan segala upaya pembelaan yang bisa meringankan hukumannya.

“bantuan hukum ini bukan bermaksud untuk membenarkan segala bentuk perbuatan WBP yang melanggar hukum. Akan tetapi, mereka membela hak-hak yang harusnya didapatkan oleh para tahanan. Dan juga sebagai bentuk perwujudan untuk membentuk masyarakat yang sadar akan hukum,” ujarnya.

Di samping itu, Kepala Lapas Kelas III Banyuasin diwakili oleh Kasubsi Pembinaan, Dedy Krihastoni menyampaikan terima kasih banyak atas sosialisasi yang diberikan oleh Pak Asnedi. Menurutnya, kegiatan seperti ini lah yang akan sangat berguna bagi Warga Binaan yang membutuhkan bantuan hukum

“Semoga kerjasama yang terjalin ini dapat membantu segala masalah yang terjadi khususnya bagi rakyat kurang mampu yang bermasalah dengan hukum,” tutupnya. (*)

Recommended for you