Banyuasin

Penghargaan Citra Treasury: Predikat Pertama Untuk Mura, Kedua Banyuasin

on

Banyuasin Online, Palembang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin menerima Penghargaan Citra Treasury dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI). Penghargaan ini diterima langsung Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian SH di Ballroom Gedung Atyasa Palembang, Selasa (24/5).

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono dalam acara yang bertajuk Pemberian Apresiasi Kepada Mitra Kerja Terbaik dalam Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2015 lingkup Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kabupaten Banyuasin menerima penghargaan kategori Pemerintah Daerah dengan predikat terbaik Kedua. Dimana Posisi terbaik pertama diraih Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan Ogan Ilir (OI) di posisi terbaik ketiga. Pada acara tersebut panitia juga memberikan penghargaan untuk lima kategori lainnya yaitu, kategori Instansi Vertikal, Kategori Satuan Kerja Pengelola dana dekon/tugas pembantuan/usaha bersama, kategori Pemerintah Daerah, kategori Satuan Kerja UAPPAW dan kategori Bank/Pos Persepsi.

Ditemui usai acara, Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian menyampaikan bahwa penghargaan bukanlah sesuatu yang dikejar oleh jajarannya, namun pelayanan yang efisien, transparan dan sesuai dengan peraturanlah yang ingin diwujudkan.

“Tidak ada kata puas, kita masih harus terus mengembangkan pelayanan dan pelaporannya” ungkap Bupati termuda di Sumsel ini.

Sementara untuk kategori instansi vertikal diraih Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumsel dengan predikat terbaik I. Kakanwil Kemenag Sumsel H Hambali MSi melalui Kabag TU, H Yeri Taswin mengungkapkan rasa bangga yang tak terhingga atas prestasi yang telah diraih dalam bidang pengelolaan dan pertanggung jawaban APBN ini. “Alhamdulillah syukur, ini adalah prestasi terbaik kita semua,” ucap Yeri sembari bersyukur.

Dijelaskannya bahwa, penghargaan ini adalah hasil jerih payah dari para operator keuangan baik tingkat Kanwil maupun Daerah.

“Kita mengucapkan terima kasih dan apresiasi tertinggi kepada seluruh operator keuangan yang ada dalam lingkungan Kanwil Kemenag Sumsel dan Satker di bawahnya,” imbuh dia.

Ditambahkan Yeri, penghargaan ini bukan untuk satu orang tetapi semua jajaran Kemenag Sumsel dan berkat dari kerjasama para Kabid, Kankemenag, Pembimas, dan Kepala Madrasah. “Ini adalah hasil jerih payah kita semua,” tegas pria yang lahir 50 tahun silam.

Yeri berharap, jadikanlah prestasi ini sebagai penyemangat untuk bekerja dan jangan terlalu jumawa atas yang telah didapat. “Sebelumnya kita telah meraih terbaik I pengelolaan website triwulan pertama tahun 2016 yang diumumkan beberapa waktu lalu, hari ini (kemarin, Red) kembali meraih terbaik I bidang pengelolaan dan pertanggungjawaban APBN. Jadikanlah ini motivasi untuk bekerja dan mari kita pertahankan prestasi yang telah diraih saat ini,” tutupnya.

Dirjen Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono mengatakan, pemberian penghargaan ini dimaksudkan untuk mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban APBN khususnya di wilayah Provinsi Sumsel.

Selanjutnya dia menyampaikan harapannya agar sinergi antara pusat dan daerah dapat semakin berkualitas. Untuk mendukung hal tersebut, saat ini pihaknya sedang berupaya membuat layanan yang dapat membuat nyaman semua pihak.

“Mudah-mudahan kami bisa melayani sebaik mungkin, secepat mungkin, untuk itu kami sedang mengembangkan sistem IT sehingga semua proses layanan dapat lebih baik bahkan berstandar internasional,” urainya.

Dia juga meminta dukungan semua pihak agar Ditjen Perbendaharaan dapat terus memberikan pelayanan dengan lebih baik. “Layanan yang tidak sesuai mohon dilaporkan. Tegur kami jika kami melakukan tugas dengan tidak benar,” tutupnya.

Dalam kegiatan yang sekaligus juga pemberian Sertifikat ISO 9001:2008 untuk KPPN Palembang tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, Mukti Sulaiman menyampaikan pesan untuk memprioritaskan pembangunan manusia di Provinsi Sumsel. Dia juga berharap semua pihak dapat bergandengan tangan bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mewujudkan semua program pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan. (Pe/bo)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *