Berita Sumsel

Peluang Kuliah Gratis Ke Luar Negeri

on

PALEMBANG, Sumseltoday.com –Ada kabar baik dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, diperuntukkan  bagi anda yang tamatan/lulusan SMA, SMK, dan MA dalam tiga tahun terakhir ini (2018,2017,2016-red) telah dibuka peluang  untuk kuliah gratis bahkan sampai ke Luar Negeri.

Kabar ini tak hanya angin segar semata, melainkan memang benar berlaku bagi putra putri daerah yang berasal dari Sumatra Selatan, diberikannya peluang kuliah gratis bahkan sampai ke luar negeri ini merupakan lanjutan Program Kuliah Gratis (PKG) yang digelontorkan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2015 lalu.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan melalui Kepala Bidang (Kabid) SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Dra.Erlina, M.M  ketika ditemui wartawan dikantornya, Jumat(06/07).

“Program ini dimulai waktu launching 2015 lalu, jadi sebetulnya ini nama baru saja, karena sebelumnya dari tahun 2010 sudah ada bea siswa dari Pemprov, diantaranya ada bea siswa kemitraan, bea siswa SMK jadi guru itu di UGM Yogya dan UPI Bandung, ada juga bea siswa sampai jadi dokter itu di UIN Syarif Hidayatullah, kemudian perubahan nama itu menjadi Program Kuliah Gratis (PKG) ditahun 2015,” Ujar Erlina

Sambung Erlina, “Sejauh ini, sampai 2017 itu sudah ada 2000 Mahasiswa, tersebar di UNSRI,POLSRI, UIN Raden Fatah,UNY Yogya, Poltek TEDC Bandung, STP Sahid Jakarta, Dan China.”

“Program Kuliah Gratis(PKG) ini mengcover uang kuliah dan biaya hidup mereka. Minat masyarakat itu luarbiasa namun kita ada persyaratan, mereka itu berprestasi paling tidak sepuluh besar atau diluar itu punya keterampilan ada sertifikatnya, tidak merokok, bebas narkoba, dan bukan berasal dari keluarga yang mampu.disertakan juga usia ijazah maksimal tiga tahun dari kelulusan”. pungkasnya.

Lanjut Erlina, “Tahun ini kita ada kuota 80 untuk calon mahasiswa STP Sahid Jakarta, ini kita kerjasama dengan Jepang, satu semester di STP Sahid sekolah Perhotelan/Parawisata di Jakarta, trus semester kedua mereka sudah dikirim ke Jepang ditempatkan magang, sebulan anak anak magang kita bisa dapat 10 sampai 15 juta untuk satu industri, dan tahun ini di STP Sahid kita kerjasama juga dengan Australia”.Ujarnya

Ket: Lampiran Pengumuman PKG Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel

Diketahui, Ada tiga perguruan tinggi yang bisa dituju pada program ini, UNY Yogya, Poltek TEDC Bandung, dan STP Sahid Jakarta.

Peserta sama sekali tidak dibebankan biaya pendaftaran. Wajib mengikuti
tes tertulis dan wawancara berbahasa Inggris. bagi yang lulus seleksi berhak atas uang kuliah tunggal dan bantuan biaya hidup.

Calon peserta diharapkan jeli melihat jadwal pendaftaran, karena setiap perguruan tinggi berbeda.

Untuk di UNY, TEDC Bandung, STP Sahid Jakarta pendaftaran dimulai dari 11 Juni sampai 20 Juli. Kemudian mendaftar ke Dinas Pendidikan Sumsel pada hari kerja, Senin-Jumat pada pukul 09.00 sampai 12.00 WIB.

Khusus UNY Yogya, pendaftaran dilakukan secara manual dan dilanjutkan dengan pendaftaran online dari tanggal 19 Juni sampai 14 Juli 2018.
Pelaksanaan tes seleksi semua perguruan tinggi tersebut pada tanggal 22 Juli 2018. (red-01).

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *