Ogan Komering Ulu

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Fisik Desa Merbau Dihadiri 3 Pilar

on

Baturaja, Sumseltoday.com – Desa Merbau yaitu desa yang terletak di kecamatan Lubuk Batang, dimana desa ini memiliki sumber daya alam yang begitu banyak, penghasilan petani karet begitu banyak dijumpai di desa Merbau, karena penduduk Merbau 90 persen petani karet. Bila anda ingin pergi ke Merbau dari Baturaja membutuhkan waktu satu jam tiga puluh menit, di sana anda menemukan tulisan selamat datang di desa Merbau.

Setelah anda bertemu desa Merbau disana anda bisa melihat bahwa jalan mulai masuk desa Merbau begitu bagus dan jalan yang dilalui pun rata rata elok dan bersih. Pembangunan desa Merbau sudah banyak perubahan yang begitu cepat.

Pembangunan desa tersebut bukan semata-mata dibangun begitu saja, karena desa Merbau memiliki kepala desa yang mementingkan keperluan desa dan masyarakat setempat. Dengan desa yang infrastrukturnya begitu maju dan makmur lebih memudahkan masyarakat untuk bekerja dan membawa hasil bumi keluar desa, tak hanya itu saja ternyata kepala desa Merbau saat dijumpai pun begitu ramah dan mudah bergaul kepada semua orang, bukan hanya awak media pun, masyarakat Merbau pun banyak bercerita kalau ada urusan tentang desa atau urusan masyarakat setempat begitu mudah cepat diselesaikan oleh kades desa Merbau yang terkenal ramah dan pro masyarakat.

Desa Merbau – Dana Desa tahap awal tahun 2018 sebesar dua puluh persen hampir seluruhnya telah diterima oleh sebagian Desa di kabupaten OKU dan desa sedang tidak terlibat masalah, khusus nya di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Dimana diketahui prosedur tahun ini jika pencairan Dana desa dibagi menjadi tiga tahap yakni, tahap pertama, dua puluh persen, tahap kedua, empat puluh persen, tahap ketiga, empat puluh persen dalam satu tahun.

Dan juga diketahui, jika pada saat pembangunan infrastruktur (fisik) penggunaan Dana desa pada titik nol, atau awal permulaan kegiatan tersebut harus melibatkan tiga pilar yakni, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan kepala Desa (Kades) setempat. Hal ini di dasari dari salah satu acuan Kementrian Desa (Kemendes) Republik Indonesia, supaya lebih terbuka dan transparan.

Dari pantauan dilapangan terlihat jika aktivitas pembangunan fisik berupa pembuatan cor beton jalan setapak telah dilaksanakan oleh Desa Merbau Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumsel.

Dimana pada kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 20 April 2018 ini, saat awal titik nol atau peletakan batu pertama selain dihadiri oleh ketiga pilar, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan kades, juga dihadiri langsung oleh Camat, Danramil juga kapolsek yang diwakili, beserta beberapa tokoh masyarakat.

Dikatakan Kapala desa Merbau. Adiar Merelo, “Jika pada saat awal permulaan suatu bangunan fisik memang harus melibatkan tiga pilar. Ini memang sudah merupakan ketentuan aturan yang harus kita taati dan dipatuhi Supaya dalam setiap kegiatan yang dikerjakan tidak ada yang ditutup-tutupi dan lebih terbuka dan transparan yang bertujuan demi kebaikan kita bersama,” ucapnya nya.

Ardiar juga menjelaskan, jika dana desa tahap awal ini ia gunakan selain “pembangunan jalan setapak, juga untuk pembuatan sumur bor, pada dua titik lokasi dan pembangunan tugu batas Desa, semuanya kita lakukan telah melalui kesepakatan dan keinginan masyarakat Merbau disini,” katanya nya.

“Dengan adanya bantuan Dana desa, dari Pemerintah Pusat, masyarakat desa sangat terbantu sehingga dapat dirasakan langsung manfaatnya,”tutup Ardiar Marelo (yos)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *