Palembang Emas

Partisipasi Pemilih Rendah, Giri : KPU Kurang Sosialisasi

on

HarianPalembang.com, Palembang – Rendahnya tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Musi Banyuasin yang diselenggarakan pada, Rabu (15/2) kemarin, dianggap terjadi karena faktor cuaca dan lemahnya sosialisasi kepada masyarakat.

“Memang di Muba tingkat partisipasi pemilih agak rendah jika dibandingkan dengan daerah lain yang juga melaksanakan pilkada,” ungkap Ketua DPRD Sumsel, HM Giri Ramandha Kiemas, usai paripurna, Kamis (16/2).

Menurutnya, faktor cuaca membuat kecenderungan pemilih malas untuk pergi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain itu, kemungkinan masih kurangnya sosialisasi dari KPU maupun tim kampanye juga bisa jadi penyebab masih tingginya angka golput.

“Sosialiasi dengan masyarakat perlu ditingkatkan lagi, jangan sampai masyarakat merasa pemilihan itu tidak penting. Terutama untuk masyarakat yang jauh dari pusat kota,” kata politisi PDIP ini.

Pihaknya berharap untuk kedepan Komisi Pemilihan Umum dapat memperbanyak jumlah Alat Peraga Kampanye (APK) di tiap daerah khususnya yang akan menyelenggarakan pilkada.

“Bila perlu alat peraga itu juga dipinjamkan kepada tiap partai yang akan melakukan kampanye. Dengan begitu sosialisasi yang dilakukan tim kampanye bisa lebih baik,” pungkasnya. (hs)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *