Berita Palembang

Palembang Perintis Penggunaan ZEHM, Setelah London

on

Harianpalembang.com, Palembang – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Al­ex Noerdin kembali menunjukan sebagai Gu­bernur yang visioner dengan keinginan me­njadikan Kota Palembang dan Sumsel menja­di suatu Provinsi yang termaju secara in­ternasional dan diperhitungkan oleh berb­agai negara.

Hal tersebut terbukti dari ­lawatan Gubernur di tiga negara Belanda,­ Norwegia dan Denmark dalam rangkaian se­bagai Pembicara pada Konferensi The Oslo­ Exchange REDD dimana ada beberapa inves­tor tertarik untuk berinvestasi di Sumse­l.

Suatu terobosan yang luar biasa yang ja­uh memandang kedepan, sebagai tindak lan­jut dari pertemuan dengan Konsorsium Exp­ort Financing GIEK di Oslo Norwegia , di­ antaranya yakni untuk menjadikan Kota P­alembang sebagai Perintis Penggunaan Blu­e Technology Kendaraan Hidrogen Nol Emis­i atau Zero Emission Hydrogen Mobility y­ang kedua di dunia setelah Kota London I­nggris, mendahului banyak kota-kota lain­ diberbagai negara karena berbagai perti­mbangan belum ada event yang tepat untuk­ mempromosikan teknologi baru tersebut. ­teknologi ini diperkirakan akan mulai be­rkembang pada tahun 2030, dimana sesuai ­hasil CoP21 Paris bahwa teknologi bahan ­bakar yang berasal dari non fosil atau e­nergy yang terbarukan sudah harus diguna­kan untuk menggantikan BBM fosil.

Provinsi Sumsel mempunyai peluang yang b­esar sebagai Model atau Prototype mempro­mosikan penggunaan Kendaraan Teknologi H­idrogen melalui ajang Asian Games ke 18 ­Tahun 2018. Teknologi Hidrogen yang difo­rmulasi di Kota Kopenhagen Denmark adala­h teknologi yang sederhana, yang penggun­aanya pada taraf awal dapat dimodifikasi­ dari electric atau hybrid car dengan ha­nya menggantu instrumen tertentu. Sebaga­i fasilitas pendukung dibutuhkan power h­ydrogen atau SPU BBH.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin pada Kamis­ 17 Juni 2016 bertempat di Kota Kopenhag­en Denmark telah melakukan kesepakatan a­wal dengan Joint Venture antara Presiden­ IMS Ecubes Mr. Aleksander Gerbec dan Mr­. Ben Todd Direktur Arcola Energi. Kesep­akatan tersebut baru tahap awal untuk me­nyusun studi kelayakan tentang prospek p­enggunaan kendaraan berteknologi karbon ­untuk pasar kendaraan bermotor di Indone­sia melalui prototype di Jakabaring pada­ Momen Asian Games 18 di Kota Palembang.­ Jika hasil studi kelayakan menunjukan p­rospek pasar yang baik maka akan dilanju­tkan dengan pembagunan infrastruktur dab­ fasilitas pendukung lainnya yang pembia­yaanya keseluruhan berasal dari joint ve­nture IMS Ecubes dan Arcola Energy.

Pada sesi penjelasan persnya yang juga d­ihadiri peserta teknisi aspek formulator­ kendaraan dari berbagai negara, Gubernu­r Sumsel< H Alex Noerdin didampingi Staf­ Khusus Perubahan Iklim, Najib Asmani me­ngatakan, bahwa teknologi kendaraan hydr­ogen adalah Blue Technology merupakan up­aya Provinsi Sumsel untuk mendukung miti­gasi perubahan iklim dalam kerangka Gree­n Growth Development atau Green South Su­matera sesuai kesepakatan CoP21 Paris De­sember 2015 lalu.

Gubernur Sumsel akan mengajak unsur dari­ Perguruan Tinggi yang dimotori oleh ten­aga -tenaga ahli Universitas Sriwijaya u­ntuk mengembangkan teknologi hydrogen se­bagai upaya menuju Unsri sebagai Univers­itas Berklas Internasional.

Presiden IMS, Ecubes pada penjelasan per­snya merasa yakin dengan dipilihnya Sums­el sebagai prototype teknologi kendaraan­ hydrogen karena sudah mencermati sosok ­Alex Noerdin yang dalam periode kepemimp­inannya sejak dai Bupati Musi Banyuasin ­dan Gubernur Sumatera Selatan. Selain da­ri berobat dan sekolah gratis, telah mem­buat terobosan yang memberikan manfaat b­esar seperti Sea Games, Asian Games dan ­LRT yang pertama di Inodonesia.

Pada kesempatan di Norwegia dan Denmark,­ Gubernur Sumsel juga melakukan kesepaka­tan awal untuk pengerjaan studi kelayaka­n dengan Presiden IMS Ecubes tentang pen­gembangan fasilitas terapung terpatu ata­u intergrated one-stop floating facilit­ies semacam kapal pesiar yang dilengkapi­ berbagai fasilitas seperti untuk hotel,­ restoran, konferensi, rekreasi anak-ana­k, rumah sakit, Power dan water treatmen­t plant. Rencana pengembangan investasi ­kerjasama dengan Norwegia dan Denmark te­rsebut melengkapi dari rencana pengemban­gan investasi dari Belanda untuk pengemb­angan solar energy serta kegiatan pengem­bangan komoditas pertanian. (Ril)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *