Nasional

Narapidana Membangun Mushola

on

PALEMBANG,Sumseltoday.com–Ada pemandangan menarik di lapas Pakjo Palembang, image negatif narapidana ternyata tak selamanya benar, buktinya kesadaran para napi ini terlihat dengan ikhlas membangun mushola di halaman Rumah Sitaan (Rupbasan) Pakjo Palembang,Kamis(02/8)

Para napi ini tergabung dalam Tim Merah Putih yang dibentuk Kemenkumham Kanwil Sumsel pada Mei lalu.

Dengan beranggotakan para napi, Tim ini sengaja mewujudkan pengabdian pada masyarakat dan bakti kepada negara. Hal ini dikatakan inisiatornya yakni Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Sumsel, Dr.H.Sudirman D.Hury

“Tim merah putih ini di bentuk pada saat Peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada 21 Mei kemarin, Tim ini yang akan membangun Musholanya di area Rutan Klas IA Palembang,” ujar Kakanwil usai meletakkan batu pertama pembangunan Musholla yang diketahui diberi nama “Mushola Nurul Hidayah” .

Sudirman D Hury mengatakan, pembangunan Musholla ini dibangun di atas tanah seluas 5×6 meter di area kawasan Rutan Lapas Pakjo, dimana dana pembangunan tersebut bersumber dari shodaqoh dan zakat mal dari para pegawai Kemenkumham itu sendiri.

“Dana ini kami keluarkan melalui zakat dan shodaqoh para pegawai, karena zakat ini untuk membersihkan jiwa dan bekal kelak nanti untuk menghadap Allah SWT. Ada tiga yang dihadapkan yakni Ilmu bermanfaat, Amal jariyah, dan anak yang sholeh,” terang Kakanwil.

Selanjutnya, untuk pembangunan Musholla Nurul Hidayah ini, pekerjaanya diselesaikan sekitar tiga bulan, untuk pekerjaan dilakukan oleh Tim Merah Putih yang merupakan narapidana warga binaan dari Rutan Pakjo yang mempunyai bakat.

“Ini merupakan bakat-bakat yang bisa dikembangkan, bakat ini nantinya bisa berguna untuk kehidupannya kedepan dan dapat bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, sehingga mereka tidak canggung dan kakuh saat berada ditengah masyarakat nanti,” tandasnya.

Sudirman menambahkan, gerakan ini sekaligus re-integritas para warga binaan, dan sinergitas antara masyarakat dengan warga binaan dan para karyawan Kemenkumham Sumsel.

Pembangunan Mushola ini disambut baik oleh warga disekitar, terpantau oleh wartawan adanya tokoh masyarakat ikut hadir dalam acara peletakan batu pertama ini.

“Karyawannya yang bersedekah ngumpulin duit, para napi yang membangun musholanya, ini luarbiasa”, ujar salah seorang warga.(**)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *