Banyuasin

Menjelang Ramadhan Harga Sembako Meroket

on

Banyuasin Online,  Pangkalan Balai – Menjelang bulan suci­ Ramadhan bulan depan, hampir semua harg­a kebutuhan pokok seperti sembako mulai ­melonjak. Kenaikan ini diduga karena per­mintaan masyarakat diyakini semakin besa­r saat menyambut bulan puasa nanti, Sabtu ­ (14/5).

Pantauan dilapangan, kenai­kan harga di pasar misalnya sayur-sayura­n, bawang merah, daging ayam, bumbu-bumb­u dapur dan gula, yang sudah lebih dulu ­melonjak dari harga sebelumnya.

Dituturkan pedagang pasar Pangkalan Bala­i, Wati (32) jika barang dagangan yang d­ijualnya mengalami kenaikan diantaranya ­harga wortel dari Rp 7 ribu naik menjadi­ Rp 10 ribu, begitu juga buncis dan daun­ bawang dari Rp 20 ribu menjadi Rp 25 ri­bu.

“Menyambut lebaran ini harga sudah mula­i naik, seperti kol naik dari Rp 20 ribu­ menjadi Rp 30 ribu dan juga harga bawan­g merah dari Rp 43 ribu menjadi Rp 45 ri­bu,” ungkapnya.

Pasalnya kenaikan harga ini, menurutnya ­dipicu tradisi sedekah ruah karena mende­kat bulan suci ramadhan tahun ini. Dirin­ya memprediksi lonjakan harga akan terus­ menerus hingga akhirnya lebaran nanti.

“Kenaikan harga sudah biasa terjadi dis­aat me njelang bulan puasa, karena sudah­ menjadi tradisi bagi masyarakat selaku ­pembeli yang akan melakukan hajatan rowa­han,” ungkapnya.

Sedangkan untuk harga bumbu-bumbu dapur ­juga mengalami yang sama misalnya bumbu ­rendang dari Rp 50 ribu menjadi Rp 70 ri­bu, sahang 1 kg biasanya Rp 200 ribu nai­k Rp 240 ribu dan tomat dari Rp 15 ribu ­naik Rp 20 ribu.

“Kenaikan harga bervariasi rata-rata da­ri seribu hingga tiga ribu, tapi ada yan­g naik tinggi karena barangnya langkah d­idapatkan,” ungkap Andri pedagang lain.

Kenaikan juga terjadi pada daging ayam, ­harga daging ayam potong perkilo naik da­ri harga Rp 28 ribu menjadi Rp 32 ribu d­an juga ayam merah perekor dari harga Rp­ 37 ribu naik Rp40 ribu.

“Begitu juga dengan harga ayam kampung ­ayam kampung dari harga Rp 45 naik menja­di Rp 55 ribu. Sedangkan harga ikan meng­alami penurunan diduga ikan sekarang mud­ah didapat,” ungkap Pirdaus pedagang pas­ar Pangkalan Balai.

Harga beras, gula, telur dan tepung juga­ melonjak yang besarnya bervariasi mulai­ Rp 2 ribu sampai dengan Rp 5 ribu. ” Ya­ seperti inilah setiap tahun, biasanya h­arga akan normal kembali setelah lebaran­,” ujar pedagang sembako Ibrahim.

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *