Asian Games 2018

Melirik Kesiapan Asian Games 2018

on

PALEMBANG.Sumseltoday.com– Asian Games 2018 sebagai ajang Pesta Olahraga Se-Asia yang digelar di indonesia tinggal hitungan hari. Demam “Energi Asia” sudah mulai terasa di indonesia. Tak hanya jakarta dan Palembang yang sibuk menyiapkan arena pertandingan. namun sejumlah kota di jawa Barat pun mendukung perhelatan akbar ini.

Sejak tahun 2014 lndonesia telah ditunjuk OCA (Komite Olimpiade Asia) menggantikan Vietnam selaku tuan rumah Asian Games XVIII, maka jakarta dan Palembang serta kota kota di Jawa Barat berbenah diri untuk menyelenggarakan event olahraga terbesar dalam sejarah Asia ini.

Mulai 18 Agustus sampai dengan 2 September 2018, lndonesia akan kedatangan sedikitnya 11.000 atlet dan official dari 45 negara. Para olahragawan tersebut akan berlaga di 465 nomor pertandingan dalam 40 cabang olahraga standar olimpiade maupun cabang olahraga khas Asia.
Demam Asian Games ini melanda publik Tanah Air, dan membuat Indonesia menjadi sorotan dunia.

Suasana diskusi media Forum Merdeka Barat (FMB)9 di Jakabaring Palembang,Sabtu(07/07).

Menurut panitia penyelenggara Asian Games (lnasgoc), dari jumlah nomor pertandingan tuan rumah menyediakan setidaknya 80 arena pertandingan (venues). Sebagian besar arena itu terpusat di Gelora Bung Karno, Senayan, jakarta dan kompleks Jakabaring Palembang. Dalam waktu kurang lebih tiga setengah tahun, lnasgoc bersama seluruh jajaran kementerian, lembaga,pemerintah daerah, swasta, cabang olahraga, komunitas dan industri kreatif bahu membahu menyukseskan Asian Games ini, ratusan ribu hingga jutaan orang secara tak langsung pun ikut dilibatkan.
Oleh karena itu, Presiden joko Widodo berharap Asian Games serta Asian Para Games 2018 di lndonesia sukses dalam penyelenggaraan, prestasi, administrasi, dan ekonomi.
Demi kesuksesan tersebut, pemerintah menggelontorkan dana hingga 3 triliun dari APBN untuk membenahi sejumlah venue atau membangun arena baru maupun fasilitas pendukungnya seperti asrama atlet, infrastruktur, teknologi informasi dan transportasi.

Mengingat waktu tinggal beberapa hari ini menjelang pembukaan Asian Games, pada juli ini diharapkan seluruh arena pertandingan sudah siap difungsikan, begitu pula asrama atlet di jakarta dan Palembang. Publik juga ingin mengetahui sejauh mana kesiapan dari masing-masing arena pertandingan. Bagaimana masyarakat dengan mudah mendapatkan tiket pertandingan, seperti apa alur masuk ke arena seperti GBK dan Jakabaring. Kebijakan transportasi dan lalu lintas bagi atlet/official maupun
masyarakat yang ingin menyambangi lokasi pertandingan,
Sejauh mana pemerintah memberikan rasa aman bagi masyarakat umum maupun delegasi Asian Games. Apakah ada prosedur keamanan khusus di lokasi tertentu atau Penambahan personel Polri/TNI?
Seperti apa pemerintah menyediakan layanan kesehatan dan antisipasi ancaman kebakaran hutan di wilayah sekitar Sumsel.
Apakah kereta paralayang ringan (light rail transit/LRT) rute Bandara-jakabaring sudah layak jalan?

Tak kalah pentingnya adalah persiapan teknologi informasi seperti kesiapan jaringan internet, siaran langsung (live streaming), pusat penyiaran, aplikasi pendukung untuk memantau jadwal pertandingan, cuaca, dan layanan gawat darurat apakah sudah tersedia?

Untuk menjawab hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan informatika (Kominfo) menggelar diskusi media Forum Merdeka Barat (PMB) 9 yang bertajuk “Progress dan Kesiapan Asian Games 2018′” di jakabaring Palembang pada Sabtu (07/07).
Kegiatan FMB9 terbilang khusus karena diikuti oleh media nasional dan internasional.
Setelah diskusi selesai, dilanjutkan dengan meninjau bersama arena dan fasilitas pendukung di kompleks Olahraga Jakabaring.

Turut hadir sebagai narasumber diantaranya Menteri Kominfo Rudiantara, Kepala BPTJ Kementerian Perhubungan Bambang Prihartono, Direktur lT lnasgoc Panji Choesien. dan Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin. (ril/red-1)

Recommended for you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *