Berita Palembang

Mari Ngaji Fiqih di Masjid Mustaqim

on

Palembang. Pengurus Masjid Mustaqim Rt. 02 Kelurahan Ario Kemuning Kecamatan Kemuning menyelenggarakan kegiatan kajian fiqih setiap hari Minggu malam senin, setelah sholat maghrib sampai dengan waktu sholat Isya.

Menurut salah satu pengurus Masjid, Dedi Kurniawan. Program ini dilaksanakan dalam rangka untuk memakmurkan masjid. Menurut  beliau Pembanguan masjid tidak hanya dalam bentuk fisik, tetapi yang paling penting adalah pembangunan non fisik, pembangunan mentalitas dan wawasan jamaah dalam bidang keilmuan agama yang bisa dijadikan landasan mereka untuk beribadah. Jamaah harus ditanamkan rasa nyaman dan senang dalam masjid sehingga masjid akan rajin hadir ke masjid untuk beribadah.

Sebagai pemuda yang aktif dalam sebagai dalam organisasi dakwah beliau ingin menjadikan masjidnya sebagai pusat kajian keislaman seperti dipesantren, semua kajian tersedia seperti fiqih, tafsir, al-qur’an, tahfidz dan lainnya dengan menghadirkan guru-guru yang  berkualitas.  Sehingga jamaah tidak perlu jauh-jauh untuk mencari ilmu agama cukup hadir dimasjid. “Hanya saja kelemahan kita belum didukung oleh pendanaan jadi belum bisa menyelenggarakan semuanya itu, jadi kita mulai dari hal yang kecil dulu” tambahnya.

“Kalo mau ngaji fiqih hadir disini saja mas,  hanya saja kelemahan kami disini terletak pada manajemen masjidnya yang belum rapi sehingga perlu diusahakan menata manajemen masjid agar masjid ini dapat maju seperti masjid lainnya di Indonesia, kasnya masih banyak tersimpan tidak digunakan, inginnya meniru masjid Jogorian dijogja itu” kata salah satu jamaah yang hadir.

Dalam rangka pembangunan masjid yang makmur ke depannya wawasan kepengurusan masjid sangat perlu diupdate, selain pembangunan fisik juga sangat dibutuhkan pembangunan non fisik. Sehingga jamaah sholat dimasjid menjadi ramai oleh jamaah yang hadir. (Gat)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *