Hukum

Lomba Kesadaran Hukum Pemantik Masyarakat Untuk Taat Hukum

on

Palembang, Sumseltoday.com – Dalam rangka memupuk semangat kesadaran hukum bagi masyarakat dengan memberikan pengetahuan tentang hukum, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan menggelar Lomba Cepat Tepat Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Provinsi Tahun 2019, Senin (23/9).

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Ajub Suratman, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan Lomba Kadarkum ini sangat penting, salah satunya dalam rangka memberikan pemahaman mengenai hukum sehingga masyarakat menjadi patuh dan bukan takut. “Jika patuh, aturan hukum akan tetap dilaksanakan walaupun tidak ada yang mengawasi. Budaya patuh akan terwujud di negara kita salah satunya dengan pelaksanaan Kadarkum,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ajub menambahkan untuk mengukur tingkat pemahaman dan kesadaran hukum masyarakat maka diadakan Lomba Kadarkum yang pelaksanaannya setiap 4 tahun sekali. “Tahun pertama tingkat kecamatan, tahun kedua tingkat kabupaten, tahun ketiga tingkat provinsi, dan tahun keempat baru diadakan tingkat nasional. Untuk Lomba Kadarkum tingkat provinsi yang diselenggarakan saat ini, kita berharap dapat terus memupuk dan memacu kesadaran hukum masyarakat terhadap peraturan-peraturan yang telah disahkan oleh pemerintah,” tegas Ajub.

Sementara itu mewakili Gubernur Sumsel, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ir. Permana. Ia menyampaikan tentang betapa pentingnya kesadaran hukum di masyarakat, oleh karena itu ia berharap setiap instansi pemerintah terkait agar saling bersinergi dalam meningkatkan kesadaran hukum bagi masayarakat. Usai sambutannya, beliau pun membuka kegiatan lomba secara resmi, yang ditandai dengan pemukulan gong.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Pangdam II/Sriwijaya, Kejaksaan Tinggi Palembang, Pengadilan Tinggi Palembang, para pejabat Administrasi dan Pengawas di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel, serta para dewan juri dan peserta Lomba Kadarkum Tahun 2019

Lomba Kadarkum ini akan diadakan selama tiga hari mulai tanggal 23 s.d. 25 September 2019 bertempat di BPSDM Provinsi Sumsel. Peserta lomba berasal dari 12 Kabupaten/Kota, antara lain OKU, Ogan Ilir, Muara Enim, Musi Rawas, Pali, Musi Banyuasin, Palembang, Banyuasin, Musi Rawas Utara, OKU Selatan, OKU Timur, dan Lahat. (Dr)

Recommended for you