Ogan Komering Ulu

Komunitas Sahabat Sehati (KSS) Berbagi Kebahagian Dengan IBU Nanik

on

Baturaja, Sumseltoday.com – Hari ini Minggu (15/07/2018), Komunitas Sahabat Sehati kembali melaksanakan kegiatan sosial yakni menyambangi ibu Nanik, berusia 32 tahun.

Lokasi di Bungur Indah, Kelurahan Sukajadi, Rt.11 Rw.05, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU, Provinsi sumatera Selatan.

Bersama Komunitas Sahabat Sehati turut hadir ketua RT yaitu M. Akib, ikut menyerahkan bantuan ataupun santunan yang berasal dari anggota komunitas Sahabat sehati. Saat berbagi cerita di kediaman Nanik tersebut, terselip cerita kehidupan dari Nanik yang berjuang sendiri tanpa suami.

“saya berpisah dengan suami sejak anak saya yang bungsu ini baru berusia 8 bulan, sampai saat ini saya tidak tau kabar dan keberadaan suami saya tersebut”, cerita bu Nanik.

Bu Nanik memiliki dua orang anak, satu laki laki dan yang bungsu perempuan. Sementara anak sulungnya yang laki laki sejak bulan mei 2018 atau setelah lebaran idul fitri sudah pergi merantau ke Palembang untuk bekerja ikut orang lain dan mengadu nasib disana. Kini bu Nanik hanya berdua saja dengan putrinya yang masih bersekolah di bangku kelas enam Sekolah Dasar.

Menurut keterangan dari M. Akib selaku ketua RT lingkungan tersebut, bahwa sebelum pindah di rumah yang saat ini ditempati, Nanik tinggal di kebun milik orang lain tidak jauh dari sini juga. Namun musibah menimpa Nanik saat bulan puasa di Bulan mei lalu, rumah Nanik ini terbakar, bahkan hampir saja Nanik ikut terbakar, beruntung tetangga Nanik sigap dan cepat menyelamatkannya saat itu. Bahkan kaki sebelah kanan Nanik sudah sempat terbakar sedikit “, jelas M. Akib di ikuti oleh Nanik yang menunjukkan bekas luka bakar di kakinya.

Kembali menurut cerita dari M.Akib, rumah Nanik yang terbakar lalu karena berawal saat malam hari Nanik yang memang memiliki penyakit Epilepsi ini pada saat itu Penyakitny sedang kambuh, akibatnya dalam keadaan tidak sadar menyentuh dan menjatuhkan lampu minyak atau lampu teplok yang sedang menyala, sehingga membakar rumahnya.

” Beruntung saat kejadian itu, salah satu tetangga Nanik cepat menarik keluar Nanik yang telah tidak sadar, sehingga Nanik dapat selamat “, cerita pak RT kembali.

Derita Nanik tidak hanya disitu saja, sejak rumahnya terbakar itu hingga kini menurutnya ia tidak bekerja lagi, karena tempat ia bekerja sebelumnya di penampungan barang rongsokan tidak dapat menerimanya kembali lantaran karyawan sudah cukup. Dan Akhirnya untuk memenuhi kebutuhan makan sehari hari Nanik masih bergantung dari bantuan tetangga ataupun komunitas serta para dermawan.
Ditambah lagi dengan penyakit yang di deritanya menyebabkan ia tidak dapat bekerja terlalu lelah.

Sesaat sebelum usai perbincangan, M.Akib dan Nanik menyatakan rasa terima kasih kepada Komunitas Sahabat Sehati yang telah ikut memperhatikan dan membantu warganya yang membutuhkan. ” Semoga semua menjadi berkah bagi yang memberi dan yang menerima “, pungkas M.Akib.

Komunitas Sahabat Sehati berawal dari persahabatan serta pertemanan dari beberapa orang yang akhirnya sama sama berinisiatif untuk menyisihkan sebagian kecil dari rejeki yang ada agar dapat berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

” Yang jelas ini adalah kegiatan secara pribadi dari kawan kawan yang akhirnya menjadi sebuah komunitas, jadi kita bukanlah organisasi, murni personal yang suka berbagi saja “, jelas Asmara yang mewakili sahabat sahabatnya di komunitas Sahabat Sehati.

” Dan kami di Sahabat Sehati ini mengucapkan terima kasih banyak kepada berbagai pihak yang ikut mendukung kegiatan ini, meskipun tidak dapat hadir bersama sama saat penyerahan santunan. Ada beberapa pihak yang tidak ingin di sebut namanya namun selalu akan berusaha ikut memberikan sebagian kecil rejekinya melalui Sahabat Sehati “, kata Asmara.

” Santunan yang diberikan benar-benar tanpa ketentuan sama sekali, apa saja yang bisa diberikan dan berapa saja yang memang ikhlas di berikan maka akan kita sampaikan kepada orang yang membutuhkan bantuan. Untuk hari ini saja ada yang menyantuni berupa sembako, dan uang ( yos)

Recommended for you