OKU Selatan

Kegiatan Penanaman RHL DAS Prioritas Tahun 2019 di Desa Anugerah Kemu dan Desa Pematang Obar

on

Muaradua, Sumseltoday.com – Sosialisasi tentang program RHL yang di laksanakan oleh UPTD KPHL wilayah makakau saka block X luas daerah 200 Ha daerah desa pematang obar dan 200 Ha daerah desa anugrah kemu kecamatan pulau beringin Kabupaten Oku Selatan Propinsi Sumatra Selatan.

Program RHL desa anugrah kemu di mulai pertengahan bulan Juli 2019 Sampai saat ini,telah masuk musim tanam seiring dengan sudah musim penghujan di jadwalkan akhir bulan November 2019 sudah selesai penanaman.

Adapun prinsip dasar RHL di antara nya tidak ada pengusiran, meningkatkan penghasilan petani serta tidak ada lagi penebangan pohon di hutan.sehingga program RHL ini dapat di laksanakan sesuai dengan komitmen Pemerintah selain menghijaukan hutan kembali dengan cara menambah penghasilan bagi para masyarakat petani.

RHL di Daerah desa anugrah kemu seluas 200 hektar di kerjakan oleh CV Pandawa.

Sejauh ini kegiatan yang di laksanakan sudah memenuhi target walau pun di awal pelaksanaan terkendala pertumbuhan bibit yang di sebabkan keterlambatan pengadaan benih bibit oleh petugas lapangan, akan tetapi CV Pandawa di bawah koordinator H. Yopi Sebagai penanggung jawab kegiatan melimpahkan tugas kepada Bapak ARI untuk percepatan pengadaan bibit sebagai langkah antisipasi penanaman sebelum seleksi BPDASHL Musi melakukan penilaian dan akhir nya percepatan bibit dengan cara mendatangkan bibit jadi dari kota Semarang dan kota Lampung sehingga kegiatan penanaman dapat terlaksana sesuai dengan jadwal.

Untuk RHL desa anugrah kemu kecamatan pulau beringin Kabupaten Ogan Komering ulu Selatan Propinsi Sumatra Selatan sendiri CV Pandawa menugaskan sekretaris desa anugrah kemu Bapak Candra Yandi sebagai koordinator di lapangan.

Dari koordinator Bapak Candra Yandi bekerja sama dengan perangkat desa lain nya antara lain Kadus satu Bapak Mukhtar RT air anak besak bapak acek, RT air ajan Bapak Hamidin dan RT pematang Betung Bapak Imran Semua unsur pemerintah desa anugrah kemu bekerja sama juga dengan masyarakat pemilik lahan.

Hal ini sesuai instruksi bapak kepala desa anugrah kemu Bapak Juhardin agar melaksanakan kegiatan ini sesuai dengan prinsip dasar RHL yaitu agar tidak ada lagi penebangan pohon juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani khusus nya pemilik lahan serta kedepan nya desa anugrah kemu akan menjadi desa berpenghasilan buah buahan dan menjadi desa yang sejahtera.

Masyarakat dan pemilik lahan sangat berterima kasih kepada pemerintah dan CV Pandawa atas bantuan yg di berikan melalui Program RHL ini Sehingga masyarakat menerima dengan senang hati. (Willy)

Recommended for you